Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uhamka Kerahkan Ahli Kesehatan, Konselor Hingga Rohaniawan Bantu Pasien Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 13 Juli 2021, 19:35 WIB
Uhamka Kerahkan Ahli Kesehatan, Konselor Hingga Rohaniawan Bantu Pasien Covid-19
Ilustrasi relawan tenaga kesehatan untuk penanganan Covid-19/Net
rmol news logo Lonjakan pasien positif Covid-19 yang cukup tinggi selama hampir tiga pekan membuat kalangan akademisi ikut turun tangan membantu masyarakat yang terpapar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu universitas di Jakarta, Universitas Pro. DR. HAMKA (Uhamka) membentuk tim tanggap penanggulangan Covid-19, khususnya untuk dikerahkan di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali.

Emaridial Ulza selaku Sekretaris Uhamka mengatakan, Rektor Uhamka sudah membentuk tim Satgas Covid-19 dan menggelontorkan satu milyar rupiah untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19, baik itu secara kesehatan maupun ekonomi, sejak awal pandemi.

"Semangat itu tertular kepada seluruh keluarga besar Uhamka dalam bentuk komunitas Al-Ma’un juga berhasil mengumpulkan sumbangan dari warga yang mencapai 1,2 milyar sehingga total yang digelontorkan Uhamka 2,2 Milyar Rupiah pada tahun 2020 silam," ujar Emaridial Ulza kepada wartawan, Selasa (13/7).

Dengan adanya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia khususnya DKI Jakarta, maka Rektor Uhamka membentuk tim khusus yang siap bekerja dan membantu melayani pasien Covid-19 yang  terdiri dari Dokter, Tenaga Kesehatan, Farmasis, Psikolog dan juga Rohaniawan untuk memastikan pasien Covid-19 bisa dilayani dengan baik.

Emaridial Ulza mencontohkan, Ketika ada pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif dan lapor diri ke UCCC, maka tim data dan tracing segera melakukan pengecekan dengan pengisian data untuk diagnosis awal.

"Setelah diketahui data tersebut diserahkan kepada tim Panel Ahli yang terdiri dari Dokter, dan dilakukan pengecekan, kemudian tim panel ahli menyerahkan kepada tim tanggap cepat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai arahan dari panel ahli," jelasnya.

Emaridial Ulza menambahkan, tim tanggap cepat Uhamka memiliki tugas masing-masing. Yakni Farmasi menyediakan obat, tim logistik menyiapkan oksigen, tahap selanjutnya dilakukan dukungan psikososial melalui Psikolog, konselor, dan juga penguatan keagamaan.

"Jika memang harus dirujuk kerumah sakit, UCCC  menyiapkan ambulance yang siap mengantar pasien Covid-19 yang sudah lapor ke tim melalui call center," tuturnya.

Lebih lanjut, Emaridial Ulza mengatakan bahwa tim tanggap penanggulangan Covid-19 Uhamka diisi oleh 60 orang dari berbagai profesi dan ahli.

"Saat ini sesuai dengan arahan Rektor bahwa tim UCCC berfokus melayani keluarga besar Uhamka, kedepan jika memang dibutuhkan arahan dari Rektor tim akan diperkuat dan disiapkan untuk untuk melakukan penanganan lebih luas," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA