Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres Ajak Ulama Ikut Berjuang Melawan Pandemi Covid-19 Bersama Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 12 Juli 2021, 22:43 WIB
Wapres Ajak Ulama Ikut Berjuang Melawan Pandemi Covid-19 Bersama Pemerintah
Wakil Presiden Maruf Amin/Net
rmol news logo Wakil Presiden Maruf Amin mengharapkan peran aktif ulama dan tokoh agama membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Caranya dengan menekan angka penularan virus tersebut di masyarakat.

Hal ini dikatakan oleh Wapres saat menerima audiensi yang dihadiri secara langsung oleh pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Istana Wakil Presiden Jakarta. Selain itu acara juga diselenggarakan secara daring oleh pengurus MUI daerah dan sejumlah kepala daerah.

"Mari bersama-sama pemerintah kita berjuang, berjihad menghadapi bahaya Covid-19 yang jahat," kata Maruf, di Jakarta, Senin (12/7).

Hadir secara langsung di istana Wapres antara lain Ketua Umum MUI Miftachul Ahyar, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Zein Umar bin Smith, Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Syuhud, Ketua MUI Yusnar Yusuf, Ketua MUI Jeje Zainuddin dan Ketua MUI Asrorun Ni’am.

Pertemuan ini juga dihadiri secara virtual oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Bupati Pati Haryanto.

Lebih jauh Ma'ruf meminta para ulama dan tokoh agama mendukung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat atau PPKM Darurat.

“Saya ingin mengajak sahabat-sahabat semua, para kiai, para ulama, para habib untuk bersama-sama dengan Pemerintah menanggulangi bahaya Covid-19 yang demikian besar dan dahsyat," tuturnya.

Menurut Ma'ruf Amin, pandemi Covid-19 di Indonesia bukan hanya tugas pemerintah, melainkan semua pihak termasuk para ulama.

“Saya menggunakan istilah ‘bersama-sama’, bukan membantu Pemerintah, karena menanggulangi pandemi Covid-19 itu merupakan tanggung jawab kebangsaan dan kenegaraan, termasuk tanggung jawab keagamaan."

Angka kematian akibat penyakit ini sudah sangat banyak. Oleh karena itu pemerintah menerapkan kebijakan PPKM darurat untuk melindungi dan menjaga masyarakat dari korban.

Sebagai gambaran, kata Wapres, jumlah tenaga kesehatan yang meninggal dunia karena Covid-19 mencapai lebih dari 1.000 orang, antara lain terdiri atas 405 dokter, 399 perawat, 166 bidan, 43 dokter gigi dan 32 ahli tenaga laboratorium (ATLM). Sedangkan jumlah ulama yang meninggal karena terinfeksi Covid-19 mencapai 541 orang.

Ma'ruf Amin menyebutkan, angka korban sudah begitu banyak, baik yang positif maupun meninggal.

 "Ini yang saya ingin sampaikan kepada para kiai, sehingga rumah sakit-rumah sakit sekarang sudah tidak menampung, kekurangan oksigen," katanya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA