Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erick Thohir Soal Vaksin Berbayar: Tidak Pakai APBN Dan Bukan Vaksin Hibah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 12 Juli 2021, 21:12 WIB
Erick Thohir Soal Vaksin Berbayar: Tidak Pakai APBN Dan Bukan Vaksin Hibah
Menteri BUMN Erick Thohir/Net
rmol news logo Menteri BUMN Erick Thohir memastikan, kalau vaksinasi gotong royong individu berbayar yang rencananya dilakukan oleh Kimia Farma tidak menggunakan vaksin hibah ataupun yang dibeli menggunakan uang negara alias APBN.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Semua vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi Gotong Royong baik untuk badan usaha/lembaga yang saat ini sudah berjalan maupun untuk individu, tidak menggunakan vaksin yang berasal dari vaksin yang sudah dialokasikan untuk program vaksinasi pemerintah. Juga, tidak menggunakan vaksin yang berasal dari sumbangan ataupun hibah dari kerjasama bilateral dan multilateral, seperti hibah dari UAE dan yang melalui GAVI/COVAX,” ujar Erick Thohir, usai Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi selaku Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Senin (12/7).

Erick menjelaskan, vaksinasi gotong royong adalah bentuk perluasan dari program vaksinasi Gotong Royong yang telah diatur dalam Permenkes 19/2021 yang disahkan per 5 Juli 2021 dan merupakan perubahan kedua dari Permenkes 10/2021, untuk memberikan opsi pilihan atau opsi yang lebih luas ke masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi.

Dia juga menyatakan bahwa seluruh pendanaan vaksinasi Gotong Royong, baik untuk badan usaha maupun individu, tidak pernah menggunakan APBN.

“Pengadaan vaksin yang digunakan di Vaksinasi Gotong Royong serta pelaksanaannya menggunakan keuangan korporasi maupun pinjaman korporasi yang dilakukan oleh holding farmasi BUMN. Sama sekali tidak menggunakan dana dari APBN. Sementara, biaya vaksinasi Gotong Royong Individu menggunakan kewajaran harga vaksinasi yang akan dikaji oleh BPKP,” ujarnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA