Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senang Ada Banyak Bantuan Nutrisi Bagi Nakes, Risma Ajak Dunia Usaha Untuk Membantu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 11 Juli 2021, 05:41 WIB
Senang Ada Banyak Bantuan Nutrisi Bagi Nakes, Risma Ajak Dunia Usaha Untuk Membantu
Menteri Sosial, Tri Rismaharini/Net
rmol news logo Banyaknya bantuan bantuan makanan dan nutrisi untuk para tenaga kesehatan dan petugas lapangan yang tengah berjuang memerangi pandemi Covid-19 diapresiasi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Senang saya mendengar permintaan itu, sebab mereka memang harus sehat dengan dukungan makanan dan nutrisi. Bagaimana mereka bisa bekerja dengan baik kalau mereka tidak sehat. Yang ada malah mereka bisa terpapar,” kata Risma saat meninjau akivitas dapur umum di Convention Hall, Surabaya, Sabtu (10/7).

Dari dapur umum ini diproduksi sebanyak 5.500 nasi kotak yang didistribusikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Surabaya dan wilayah sekitarnya. Mulai Sidoarjo, Gresik, hingga Bangkalan.

Risma juga mengajak dunia usaha, para dermawan, dan masyarakat luas untuk bersama-sama membantu penyediaan makanan. Hal ini karena anggaran Kemensos sangat terbatas.

Dapur Umum ini ditangani 133 taruna siaga bencana (tagana) dengan didukung pilar-pilar sosial lainnya. Seperti tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), Karang Taruna, pekerja sosial masyarakat (PSM), dan pendamping PKH.

Menu yang dimasak di dapur umum ini adalah nasi putih, rendang daging, cap cay goreng, kering tempe, dan telur rebus. Dari 5.500 nasi kotak hari ini, sebanyak 1.500 didistribusikan ke Kabupaten Bangkalan, 1.250 kotak ke Kabupaten Gresik, dan 2.750 ke Kota Surabaya.

Untuk itu Risma menyampaikan apresiasi terhadap pengabdian Tagana dan pilar-pilar sosial lainnya, baik yang ada di dapur umum Kemensos di Surabaya maupun kota lainnya, dan keterlibatan mereka secara umum dalam penanganan dampak pandemi di seluruh pelosok tanah air.

"Saya sangat mengapresiasi pengabdian Tagana dan pilar-pilar sosial lainnya. Mereka bekerja penuh dedikasi di tengah situasi yang penuh risiko," tandasnya.

Sesuai penugasan pemerintah pusat, Kemensos menangani bidang perlindungan sosial di masa pandemi. Penyaluran makanan siap saji dan juga telur matang sebagai tambahan nutrisi merupakan bagian dari dukungan Kemensos dalam melaksanakan kebijakan perlindungan sosial.

Selain itu, Kemensos juga menyalurkan bantuan sosial untuk meningkatkan daya beli masyarakat selama PPKM darurat  dengan menyalurkan tiga jenis bansos.

Yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Kemensos bekerja sama dengan Bulog juga menyalurkan beras 10 kg untuk KPM PKH dan KPM BST dengan maksud memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terdampak pandemi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA