Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terjadi Dua Kali Gempa Kuat Di Kota Palu, Warga Diimbau Tetap Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 10 Juli 2021, 19:48 WIB
Terjadi Dua Kali Gempa Kuat Di Kota Palu, Warga Diimbau Tetap Waspada
Ilustrasi gempa/Net
rmol news logo Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,1, dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Sabtu (10/7), pukul 14.57 waktu setempat.

Mengutip informasi yang disampaikan BMKG di akun Twitternya, parameter gempa magnitudo 4,1 berpusat di darat 9 km arah selatan Kota Palu, dengan kedalaman 7 km.

Akan tetapi dalam laporannya, BMKG menyebutkan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Beirta Politik RMOL, selang satu jam setelah gempa pertama, tepatnya pukul 16.36 waktu setempat, BMKG melaporkan adanya gempa susulan dengan magnitudo 2,7. Pusat gempa susulan berada di darat 10 km arah selatan Kota Palu.

BMKG mengidentifikasi bahwa gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal yang dipicu oleh aktivitas Sesar Palu Koro. BMKG mencatat kekuatan gempa dengan skala MMI di Palu dan Sigi berada pada III – IV MMI.

Menurut analisis inaRISK, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 13 wilayah administrasi setingkat kabupaten dan kota atau seluas 416.501 hektar berada dalam potensi bahaya tersebut.

Sementara di Kota Palu, sebanyak 8 kecamatan atau 8.530 hektar memiliki potensi bahaya gempa bumi sedang hingga tinggi.

Melihat kajian di atas dan historis kejadian bencana geologi di kawasan ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan monitoring dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk mendapatkan info terkini terkait kondisi di lapangan.

Dijelaskan dalam keterngan tertulis BNPB, gempa pertama dengan magnitudo (M)4,1 sempat membuat warga Kota Palu panik. Guncangan kuat yang dirasakan menyebabkan warga Kota Palu sempat keluar rumah.

Gempa juga dirasakan sedang oleh warga di Kabupaten Sigi, dan sempat membuat mereka panik hingga keluar rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu menginformasikan belum ada laporan kerusakan hingga berita ini dirilis. Pihaknya masih melakukan pemantauan situasi di lapangan dan melaporkan kondisi sudah mulai kondusif.


Namun begitu, warga diminta untuk selalu siaga dan waspada terhadap adanya potensi gempa susulan.

BNPB pun terus memonitor perkembangan yang terjadi dengan BPBD setempat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA