Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Orang Asing Masuk Indonesia Sama Saja OTG Bawa Virus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 10 Juli 2021, 16:13 WIB
Orang Asing Masuk Indonesia Sama Saja OTG Bawa Virus
Rombongan WNA China yang masuk ke Indonesia pada saat hari lebaran pertama Idul Fitri 1442H, Kamis 15 Mei 2021/Net
rmol news logo Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) Jerry Massie sangat menyayangkan pola pemerintah menangani pandemi Covid-19.

"Saat ini kita ngotot dengan vaksinasi itu bagus, tapi membuat banyak kerumunan ini kan bahaya. Mereka saja yang dikarantina atau isolasi di rumah banyak yang meninggal apalagi ini. Takutnya muncul varian dan kluster baru lagi," kata Jerry Massie kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (10/7).

Kemudian disatu sisi, sambung Jerry, pemerintah dalam upayanya menghalau lonjakan kasus aktif Covid-19 dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tapi membuka lebar pintu internasional.

"Jika airport tetap dibuka maka sama saja jika OTG (Orang Tanpa Gejala) masuk, dan membawa virus lagi," sesal Jerry.

Akibat lonjakan kasus Covid-19 tersebut, pemerintah pusat memutuskan mengambil langkah intervensi berupa PPKM Darurat di wilayah Pulau Jawa dan Bali mulai 3 Juli hingga 20 Juli mendatang.

Dalam penerapannya, PPKM Darurat membatasi kegiatan masyarakat di sektor non esensial sebesar 100 persen. Sementara, sektor esensial masih bisa beroperasi penuh.

Namun seiring dijalankannya kebijakan tersebut, publik dikagetkan dengan kabar masuknya Warga Negara Asing (WNA) asal China sebanyak 20 orang. Mereka diketahui datang sebagai calon tenaga kerja asing dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja pada Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Tidak sampai disitu, sebelumnya 132 WNA asal India lengang kangkung masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Padahal di negara mereka tengah mengalami badai gelombang kedua Covid-19. Usai WNA India masuk Indonesia, varian baru corona bernama Delta muncul di Indonesia.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA