Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selama PPKM Darurat Terminal 2-3 Bandara Soeta Buka Sentra Vaksinasi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 03 Juli 2021, 13:52 WIB
Selama PPKM Darurat Terminal 2-3 Bandara Soeta Buka Sentra Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi penumpang transportasi udara saat menunggu di bandar udara (bandara)/Net
rmol news logo Jalur penerbangan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Jawa-Bali masih dibuka dengan ketentuan yang diperketat.

Dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Di Masa PPKM Darurat Covid-19, terdapat syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi pelaku perjalanan.

Di antaranya, penumpang pesawat menuju dan dari Jawa serta Bali wajib menunjukkan kartu vaksinasi (minimal dosis pertama.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menjelaskan, pihaknya bakal mendukung penerapan PPKM Darurat ini.

Katanya, ada 20 bandara yang berada di abwah naungan Angkasa Pura II yang akan dilakukan pemeriksaan syarat perjalanan bagi calon penumpang pesawat.

"Bandara-bandara AP II akan membuka dua checkpoint bagi calon penumpang pesawat mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 untuk familiarisasi pemberlakuan peraturan pada 5 Juli sesuai SE Kementerian Perhubungan,"ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (3/7).

Untuk pos checkpoint pertama, pihak bandara akan melakukan skrining surat vaksinasi dan surat tes PCR terhadap penumpang menuju dan dari Jawa serta Bali. Sementara checkpoint kedua, dilakukan validasi kedua dokumen tersebut oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

Guna mendukung calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut, Angkasa Pura II berkolaborasi dengan KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta, mulai 3 Juli 2021, membuka Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta.

"Yakni di Terminal dua bagi penumpang Lion Air Group dan Terminal tiga bagi penumpang Garuda Indonesia dan Citilink," imbuhnya.

Selain di Bandara Soeta, sentra vaksinasi juga akan dibuka di bandara-bandara Angkasa Pura II lainnya dengan berkoordinasi bersama KKP Kemenkes setempat.

“Sentra vaksinasi di bandara AP II ini juga dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity,” ujar Awaluddin.

Di samping itu, selain telah menyediakan layanan realtime Reverse Transcriptase Polimerase Chain Reaction (rRT-PCR), guna mendukung calon penumpang memenuhi protokol kesehatan, Bandara Soekarno-Hatta, mulai 5 Juli 2021, akan menyediakan layanan Rapid Molecular Test-RT PCR dan Isothermal Rapid Molecular Test-NEAR yang dapat mendeteksi Virus Covid-19 hanya dengan waktu kurang lebih 45 menit saja.

Layanan tersebut, kata Awalluddin, dapat diperoleh di Airport Health Centre Bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh Farmalab.

Ia juga menerangkan bahwa Rapid Molecular Test dan Isothermal Rapid Molecular ini telah disetujui penggunaannya pada periode PPKM Darurat oleh KKP Kelas I Soekarno-Hatta yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

"Sentra vaksinasi dan ketersediaan tes COVID-19 yang memenuhi syarat di Bandara Soekarno-Hatta akan mendukung calon penumpang pesawat memenuhi peraturan PPKM Darurat. Fasilitas serupa juga akan tersedia di bandara-bandara AP II lainnya," demikian Awaluddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA