Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAPPI Gelar Kongres Sekaligus Seminar Nasional, Undang Pakar Hingga Konsultan Penyuluhan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 24 Juni 2021, 14:20 WIB
PAPPI Gelar Kongres Sekaligus Seminar Nasional, Undang Pakar Hingga Konsultan Penyuluhan
Logo Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI)/Repro
rmol news logo Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI) Pusat menggelar seminar nasional sekaligus Kongres III yang dilakukan secara virtual, Kamis (24/6).

Seminar ini, mengambil tema besar tentang “Peran Strategis Penyuluhan dalam Pembangunan Manusia melalui Pendekatan Penta Helix di Era Digital”.

Kegiatan ini sekaligus merupakan salah satu rangkaian dari Agenda Dies ke-16 Fakultas Ekologi Manusia IPB. Ketua PAPPI Prof. Dr. Ir. Sumardjo, MS, menyampaikan, tujuan seminar membangun sinergi dan jejaring (networking) bagi penguatan kapasitas SDM serta peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dalam bidang penyuluhan dan pengembangan masyarakat, baik dalam lingkup nasional, regional maupun internasional.

Disamping itu, tambah Prof Sumardjo, seminar ini juga diharapkan dapat membangun komunikasi, kerjasama dan iklim ilmiah (scientific atmosphere) yang kondusif dan produktif dalam wadah PAPPI, baik bagi penguatan kompetensi dan profesi anggota, peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah berkala, perluasan substansi dan sebaran publikasi ilmiah, maupun pembangunan masyarakat di berbagai bidang.

"Juga merespon dan menangkap sinyal positif dari lingkungan strategis, serta dari pemikiran-pemikiran, inovasi-inovasi dan pengalaman para penyuluh profesional tentang urgensi penyuluhan pembangunan, baik di tingkat lokal-nasional, regional maupun internasional," kata Prof Sumardjo.

Adapun kegiatan seminar nasional ini dihadiri lebih dari 200 peserta dari berbagai kalangan praktisi penyuluhan yang tergabung di PAPPI, para pakar, pemerhati dan praktisi di bidang penyuluhan, pemberdayaan, pengembangan masyarakat, teknologi komunikasi dan informasi, manajemen pengetahuan dan konsultan para pegiat penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat di perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, lembaga advokasi, konsultan, dan umum. Kontributor makalah adalah dari peneliti, dosen, mahasiswa, anggota dan non anggota PAPPI.
Sedangkan untuk Kongres III PAPPI dilaksanakan sesudah seminar, dimana sidang kongres dipimpin oleh Dr. M. Sangaji (Universitas Tadulako), Dr. Herry B. Tanjung (Universitas Andalas), Dr. Pudji Winarni (Badan Standarisasi Nasional) dengan Tim Perumus adalah Prof Dr Sugiyanto (Universitas Brawijaya), Dr. Hatta Jamil (Universitas Hasannudin) dan Dr. Anna Fatchiya (IPB). Sedangkan peserta Kongres adalah Anggota PAPPI dan Peninjau (Non Anggota PAPPI).rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA