Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Peran Strategis, Guru Harus Punya Strategi Jitu, Kreatif Dan Inovatif Dalam KBM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Juni 2021, 17:20 WIB
Punya Peran Strategis, Guru Harus Punya Strategi Jitu, Kreatif Dan Inovatif Dalam KBM
Guru SDN 2 Kertosari, Yuni Mukti Hariyanti/Ist
rmol news logo Sebagai salah satu tokoh utama yang memiliki peran strategis dalam pendidikan nasional, guru diharapkan untuk memiliki strategi jitu, kreatif, dan inovatif ketika menyajikan materi kegiatan belajar mengajar (KBM).

Begitu yang disampaikan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR) Herawati Prasetyo dalam diskusi virtual Ngopi ke-3 tahun 2021 bertema "Merancang Media Pembelajaran IPA dan Matematika Yang Menarik Bareng finalis Lomba inovasi Guru" pada Selasa (22/6).

"Untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas seutuhnya tentunya guru diharapkan dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran hal inilah yang selalu kami dorong melalui 4 pilar pembinaan akademis, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup di 107 sekolah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Rabu (23/6).

Herawati mengatakan, untuk mendorong inovasi tersebut, YPA-MDR menggelar Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) 2021, yang bekerja sama dengan PT Astra Internasional Tbk serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, lanjut dia, YPA-MDR Astra juga selalu mendorong dan memfasilitasi para guru binaannya untuk bisa mengikuti berbagai ajang lomba, seperti Linkar yang diikuti 6.170 karya inovasi dari seluruh guru yang mengikuti lomba tersebut.

"20 karya inovasi dari guru binaan YPA-MDR berhasil masuk sebagai finalis bahkan 6 diantaranya berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan," lanjutnya.

Guru SDN Pegadinangan 2, Ifa Zulfatul Mahmudah merupakan salah satu guru penerima hibah penelitian dari YPA-MDR tahun 2020, peserta Linkar tahun 2020 dan tahun 2021, serta finalis Linkar 2021 dengan judul karya“MEJA KACA (MEdia belaJAr KeAdaan CuacA)”.

Sementara guru SDN 2 Kertosari, Yuni Mukti Hariyanti merupakan salah satu peserta dan finalis Linkar tahun 2018 dengan judul karya  “Lintasan Kekal” serta finalis Linkar 2021 dengan judul karya “Zuma Karambia". rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA