Farah.ID
Farah.ID

Targetkan 3 Juta, Bupati Tangerang Minta Kuota Vaksin Ditambah

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 23 Juni 2021, 12:45 WIB
Targetkan 3 Juta, Bupati Tangerang Minta Kuota Vaksin Ditambah
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar/Net
Pemerintah Kabupaten Tangerang terus mempercepat upaya vaksinasi Covid-19 kepada warga untuk segera menciptakan kekebalan komunal. Sayangnya, antusiasme masyarakat yang datang terhalang dengan terbatasnya jatah vaksin dari pemerintah.

"Alhamdulillah, respon masyarakat sangat besar melakukan vaksinasi. Bahkan ada yang antri sejak pagi. Sayangnya harus kami batasi karena vaksin yang tersedia tidak cukup," kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (23/6).

Vaksinasi menjadi salah satu program prioritas Pemkab Tangerang di tengah melonjaknya penularan Covid-19 akhir-akhir ini. Hal ini karena dari sekitar 4 juta penduduk yang ada, ditargetkan 3 juta orang menerima vaksinasi.

Bupati Zaki sangat berharap kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Presiden Joko Widodo untuk menambah distribusi vaksin ke Banten, khususnya Kabupaten Tangerang. Hal ini agar target vaksinasi yang terus digenjot bisa segera tercapai.

"Kami sedang mempersiapkan 35.000 vaksinasi per hari nantinya. Kalau ini bisa terlaksana mudah-mudahan vaksinnya bisa ditambah lebih banyak karena jumlah penduduk kami banyak," katanya.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, hingga 22 Juni 2021, jumlah warga yang telah divaksinasi dosis pertama mencapai 113.115 orang. Sedangkan yang sudah divaksinasi dosis kedua sebanyak 70.816 orang. Artinya, hingga saat ini realisasi vaksinasi masih jauh dari target yang disasar karena keterbatasan jatah vaksin.

Untuk kegiatan vaksinasi yang diberikan sebelumnya khususnya kepada kalangan prioritas, yakni tenaga kesehatan, pelayan publik, dan lanjut usia (lansia).

Karenanya, Pemkab Tangerang berharap tambahan jatah vaksin dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Banten segera tersedia.

"Karena dari sisi kesiapan fasilitas dan sumber daya sudah sangat memungkinkan untuk melakukan vaksinasi serentak dalam jumlah besar," katanya.

Di sisi lain, Bupati Zaki Iskandar juga mengingatkan warganya untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Jangan ke luar rumah jika dirasa tidak penting sekali. Bersama-sama kita akan bisa mengendalikan pandemi ini," ucapnya.

ARTIKEL LAINNYA