Farah.ID
Farah.ID

Kecam Pembunuhan Jurnalis Di Simalungun, Fraksi PKS DPRD Sumut: Harus Diusut Sampai Tuntas

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 23 Juni 2021, 11:29 WIB
Kecam Pembunuhan Jurnalis Di Simalungun, Fraksi PKS DPRD Sumut: Harus Diusut Sampai Tuntas
Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, H Jumadi/RMOLSumut
Aksi penembakan orang tak dikenal (OTK) yang berujung dengan meninggalnya wartawan media online Lassarnewstoday.com, Mara Salim Harahap pada Jumat lalu (18/6) memicu keprihatinan banyak pihak.

Apalagi diduga kuat pembunuhan ini terkait dengan profesi almarhum yang merupakan pimpinan redaksi.

Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, H. Jumadi menilai, tindakan kekerasan bahkan pembunuhan terhadap jurnalis saat bertugas tidak pantas dilakukan. Menurutnya, aparat berwenang harus mengusut tuntas kasus penembakan ini dengan serius.

“Saya mengecam keras tindakan pembunuhan terhadap jurnalis Mara Salim Harahap. Kami di DPRD Provinsi Sumatera Utara mengimbau kepada aparat penegak hukum agar kasus ini segera diproses berdasarkan peraturan sampai tuntas," kata Jumadi kepada wartawan saat dihubungi melalui WhatsApp, Selasa (22/6).  

Lebih lanjut, politikus PKS itu mengatakan, saat ini masyarakat Sumut terutama juga keluarga korban berharap besar agar pihak Polda Sumut dapat mengungkapkan kasus ini secara jelas.

Sebab, menurutnya, jika kasus pembunuhan ini benar berkaitan dengan pemberitaan yang sedang diliput korban maka hal ini sangat mencederai kebebasan pers dan perlindungan terhadap jurnalis.

“Kalau perlu aparat juga meningkatkan pengamanan terhadap jurnalis maupun kantor berita,” sambungnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Ia menambahkan, wartawan sebagai saluran informasi kepada masyarakat luas dalam menjalankan profesi dan tugas jurnalistiknya dapat dilindungi secara hormat dan dihargai agar ke depannya tercipta rasa aman untuk para jurnalis dalam melaksanakan tugasnya.

“Sekali lagi, saya sangat menyayangkan sekaligus turut berduka atas kejadian pembunuhan terhadap wartawan tersebut. Aparat segera usut tuntas kejadian ini untuk mencegah kasus serupa dikemudian hari,” pungkas anggota Komisi E DPRD Sumut itu.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA