Farah.ID
Farah.ID

Diduga Ngemplang Pajak Hingga Rp 270 Juta, Belasan Gerai Bakso Terancam Ditutup Paksa

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 21 Juni 2021, 14:50 WIB
Diduga Ngemplang Pajak Hingga Rp 270 Juta, Belasan Gerai Bakso Terancam Ditutup Paksa
Inspektur Kota Bandarlampung, M Umar/RMOLLampung
Gerai Bakso dan Mie Ayam Son Haji Sony memang termasuk yang laris didatangi pelanggan di Kota Bandarlampung. Wajar jika potensi pajak dari belasan gerai mie bakso tersebut bisa mencapai ratusan juta per bulannya.

Akan tetapi, menurut Kepala BPPRD Kota Bandarlampung, Yanwardi, dari 18 gerai bakso, pajak yang disetor rata-rata Rp 130 juta per bulan. Padahal diperkirakan pajaknya hingga Rp 400 juta per bulan.

"Bakso Sony itu tidak mau menggunakan tapping box. Dia bayar hanya Rp 130 juta, padahal perkiraan sampai Rp 400 juta," jelas Yanwardi, Senin (21/6), dikutip Kantor Berita RMOLLampung.

Ditambahkan Yanwardi, jika pemilik Bakso dan Mie Ayam Son Haji Sony bersedia menandatangani pakta integritas, maka 6 gerai bakso yang telah disegel akan segera dibuka.

"Kalau dia siap mendatangani pakta integritas ya akan kita buka," ujarnya.

Sementara, Inspektur Kota Bandarlampung, M Umar mengatakan, tidak menutup kemungkinan tim akan menyegel semua gerai Bakso dan Mie Ayam Son Haji Sony jika tidak segera menyelesaikan permasalahannya.

"Jika tidak ditaati maka bisa saja kita tutup semua gerainya, sampai dia menaati aturan. Aturan itu berlaku untuk semua. Mungkin saat ini Bakso Sony masih mempelajari berkas, jadi kita masih menunggu," jelasnya.

Di sisi lain, salah satu kasir Bakso dan Mie Ayam Son Haji Sony di Jalan Rabu Dibalau, Angga, mengaku pihaknya telah memasang tapping box sejak awal buka.

"Sejak awal kita pakai kok mesin tapping box. Kalau masalah ada mesin lain, saya tidak tahu," ujarnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA