Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fadli Zon Dan Fadhil Rahmi Komit Kawal Kasus Hukum Nelayan Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 23:52 WIB
Fadli Zon Dan Fadhil Rahmi Komit Kawal Kasus Hukum Nelayan Aceh
Fadli Zon saat bertemu dengan Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi/Ist
rmol news logo Anggota DPR RI, Fadli Zon, menyatakan komitmennya untuk terus mengawal kasus hukum yang melilit tiga nelayan Aceh yang menolong Rohingya.

Hal ini disampaikan Fadli Zon saat bertemu dengan Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi di kediamannya, Jumat malam 18 Juni 2021.

Keduanya bertemu karena prihatin dengan kasus yang menimpa Faisal Cs, nelayan Aceh yang menjadi penyelamat para Rohingya usai terkantung-kantung di laut lepas selama belasan hari. Hakim memvonis Faisal Cs sebagai penyelundup. Mereka juga divonis penjara selama 5 tahun dan denda 500 juta.

“Kami sepakat agar pengacara banding atas vonis 5 tahun tersebut dan kami komit mengawal proses selanjutnya,” kata pria yang akrab disapa Syech Fadhil dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/6).

“Sebab rasa kemanusian harus diperhatikan karena  5 tahun dan denda 500 juta terlalu berat,” ujar sosok yang dikenal dekat dengan kalangan dayah di Aceh ini lagi.

Sementara itu, Fadli Zon dalam pertemuan tersebut, mengatakan kasus yang melilit tiga nelayan Aceh tidak boleh dilihat semata-mata melanggar UU Imigrasi.

“Mohon diperhatikan sisi humanis nya tidak hanya sisi pelanggaran sesuai UU Imigrasi,” ujar Fadli Zon.

Menurut Fadli Zon, kemanusiaan berada di atas hukum. Fadli Zon, mengaku sangat prihatin dengan kasus yang menimpa tiga nelayan Aceh. Dirinya ingin ke Aceh tapi karena factor pandemi membuat dirinya urung berkunjung.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA