Farah.ID
Farah.ID

PSBB Ketat Ataupun Lockdown Akan Sia-sia Kalau Masyarakatnya Tidak Patuh

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 15:32 WIB
PSBB Ketat Ataupun Lockdown Akan Sia-sia Kalau Masyarakatnya Tidak Patuh
Kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2021/Net
Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisaksi Trubus Rahardiansyah menilai, kebijakan pengendalian Covid-19 baik itu PSBB ketat hingga penerapan lockdown akan sis-sia selama masyarakatnya tidak patuh.

"Menerapkan PSBB ketat pun itu sepanjang masyarakatnya tetap dalam posisi tidak patuh, tidak taat, ya tetap akan terjadi penularan. Kalaupun kita menerapkan lockdown juga pada akhirnya tetap aja kalau mobilitas masyarakat membandel itu tetap saja akan terjadi penularan," kata Trubus dalam diskusi SmartFM bertajuk "Meyiasati Lonjakan Covid-19" melalui virtual, Sabtu (19/6).

Menurutnya, apapun setiap kebijakan yang diambil saat pandemi Covid-19 ini hanya bermuara kepada dua hal penting. Yakni terkait pengawasan dan kedisiplinan masyarakat.

“Hanya itu kuncinya,” tekan dia.

Ia menyarankan agar pemerintah memahami bahwa tidak akan pernah bisa menyelamatkan ekonomi sekaligus kesehatan masyarakat. Itu artinya, harus mengorbankan salah satunya.

Disisi lain, Trubus menyarankan agar pemberlakuan PSBB diterapkan sesuai dengan zona penularan Covid-19.

“Artinya hanya untuk zona-zona merah saja yang dilockdown. Nah kemudiaj untuk zona-zona kuning dan hijau itu ditekankan yang penting penegakkan prokes lewat PPKM Mikro,” demikian Trubus.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA