Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budaya Tertib Hukum Masyarakat Rendah, Jadi Tantangan Dalam Pengendalian Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 15:12 WIB
Budaya Tertib Hukum Masyarakat Rendah, Jadi Tantangan Dalam Pengendalian Covid-19
Personel kepolisian tengah memakaikan masker kepada warga yang tidak memakai masker/Ist
rmol news logo Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah menilai budaya tertib hukum masyarakat Indonesia masih relatif sangat rendah, hal inilah yang menjadi tantangan berbagai macam kebijakan yang diambil dalam rangka pengendalian Covid-19.

“Untuk DKI Jakarta saja orang yang menggunakan masker itu hanya mencapai 78 persen artinya belum sampai 95 persen, itu di Jakarta, ibukota yang sudah epicentrum dalam hal penilaran Covid,” kata Trubus saat menjadi pembicara diskusi SmartFM bertajuk “Menyiasti Lonjakan Covid” melalui virtual, Sabtu (19/6).

“Bagaimana di daerah lain,” tekannya menambahkan.

Untuk itu ia lebih menekankan pemerintah berusaha lebih dulu mengubah prilaku masyarakat yang menyesuaikan kondisi pandemi seperti sekarang ini, dimana proses itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Disisi lain, ia menambahkan kunci pengendalian Covid ialah menekan mobilitas masyarakat.

Trubus menilai, kebijakan apapun yang diambil pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 tidak akan efektif selama mobilitas masyarakat masih tinggi.

“Kalaupun kita menerapkan lockdown juga pada akhirnya tetap aja kalau mobilitas masyarakat tinggi dan membandel itu tetap saja akan terjadi penularan,” imbuhnya.

Menurutnya, apapun setiap kebijakan yang diambil saat pandemi Covid-19 ini hanya bermuara kepada dua hal penting. Yakni terkait pengawasan dan kedisiplinan masyarakat.

“Hanya itu kuncinya,” pungkas dia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA