Farah.ID
Farah.ID

Tandatangani Kerjasama SDM, Menparekraf: Unhas Adalah Industri Pemimpin Nasional

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Jumat, 18 Juni 2021, 23:59 WIB
Tandatangani Kerjasama SDM, Menparekraf: Unhas Adalah Industri Pemimpin Nasional
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Universitas Hasanuddin, Jumat (18/6)
Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar adalah salah satu pencetak sumber daya manusia unggul dan berdaya saing. Sejarah bangsa mencatat, banyak pemimpin nasional yang lahir dari kampus tersebut.

"Sejak era 1990-an, Unhas tidak henti memproduksi SDM unggul yang menjadi tokoh nasional. Unhas tak ubahnya industri pemimpin nasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Jumat (18/6).

Menparekraf hadir di Kampus Unhas untuk menandatangani kerjasama pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Unhas. Acara tersebut dihadiri Rektor Unhas  Prof Dwia Ariestina Pulubuhu, Ketua Majelis Wali Amanat Komjen Pol Syafruddin, serta Senat Akademik, Guru Besar, para Dekan dan Civitas Akademika Unhas.

Sandiaga menyebut sosok Prof Achmad Amiruddin. Tokoh yang pernah menjadi rektor Unhas, Gubernur Sulawesi Selatan dan juga pernah menjadi Wakil Ketua MPR RI.  

"Prof Achmad Amiruddin menginspirasi kita dengan konsep 'Petik Olah Jual' yang merupakan konsep transformasi ekonomi dan inovasi industri yang berdaya saing," ujar Sandiaga dalam keterangannya yang diterima redaksi.

Tak terhitung banyak alumni Unhas yang telah mewarnai pembangunan bangsa Indonesia dari berbagai jenjang pengabdian. Sandiaga juga menyebut nama Prof Basri Hasanuddin. Tokoh akademisi yang pernah menjadi rektor dan dipercaya sebagai Menko Kesra pada era Presiden Abdurrahman Wahid.  

Tak lupa pula nama Wakil Presiden RI dua periode HM Jusuf Kalla. Ketua Umum Ikatan Alumni Unhas (IKA Unhas) tersebut telah mengisi perjalanan kepemimpinan bangsa dalam  kurung waktu 20 tahun reformasi ini. JK juga dipercaya dunia sebagai tokoh perdamaian.

Kepada para mahasiswa Unhas, Menparekraf berpesan untuk terus membangun karakter dan jati diri. Menjadi creative thingkers, creative ledears, agen pembaharu dan pemimpin gerakan sosial dan ekonomi untuk mewujudkanTri Dharma Perguruan Tinggi.

"Saat yang tepat mewujudkan sinergi dan kerjasama untuk kemajuan Indonesia. Kita harus optimis mampu menjadi bangsa yang kuat, maju dan menjadi pemenang dalam percaturan ekonomi dunia," tandas Sandiaga.

ARTIKEL LAINNYA