Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mantan Pemain Timnas Dan PSMS Medan Masuk Jajaran Pengurus KNPI Sumut

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 18 Juni 2021, 10:22 WIB
Mantan Pemain Timnas Dan PSMS Medan Masuk Jajaran Pengurus KNPI Sumut
Wakil Ketua Bidang Olahraga DPD KNPI Provinsi Sumut Saktiawan Sinaga saat masih merumput untuk PSMS Medan/Net
Mantan pemain tim nasional dan PSMS Medan turut masuk dalam jajaran pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara. Hal ini seiring dilakukannya Pergantian Antar Waktu (PAW) pengurus sebagaimana keputusan DPP KNPI Nomor Kep.064/DPP KNPI/VI/2021.

Surat bertanggal 14 Juni 2021 itu diteken langsung Ketum KNPI Haris Pertama dan Sekjend Gandung RN Huda.

Dalam susunan tersebut DPD KNPI Sumut dipimpin oleh Samsir Pohan, Sekretaris Muhammad Asril, Bendahara Abdul Jalil Ritonga, dan Ketua Harian Reinhart Manurung.

Di deretan nama-nama pengurus tersebut terselip nama Saktiawan Sinaga, yang merupakan mantan pemain tim nasional dan PSMS Medan. Saktiawan Sinaga berposisi sebagai Wakil Ketua Bidang Olahraga DPD KNPI Provinsi Sumut.

Saktiawan memang sudah beberapa kali tampak bertemu dengan Ketua DPD KNPI Sumut Samsir Pohan dan beberapa pentolan organisasi mahasiawa. Sehingga, tidak mengherankan jika kemudian namanya masuk dalam pengurus.

"Sebelumnya kami sering bertemu dan diskusi tentang kepemudaan serta olahraga. Visi kita sama. Dan Bung Saktiawan punya pemikiran dan terobosan baru bagi KNPI Sumatera Utara," kata Samsir Pohan, Jumat (18/6).

Jajaran pengurus juga banyak diisi pentolan-pentolan aktivis muda mahasiswa. Ada mantan ketua-ketua organisasi mahasiswa kelompok Cipayung, tokoh dari berbagai organisasi kepemudaan, jurnalis, tokoh muda inspiratif, profesional dan komunitas.

"Kepengurusan kita banyak diisi orang-orang berlatar belakang aktivis mahasiswa, tokoh pemuda, jurnalis, penggerak komunitas kreatif, akademisi dan lain-lain. Pengurus baru ini juga lebih lengkap. Mereka berasal dari etnis, agama, budaya yang beragam," urai Samsir Pohan.

Sementara untuk susunan Dewan Penasehat KNPI Sumut banyak diisi tokoh publik yang mengisi jabatan kepala daerah, mantan ketua KNPI Sumut, serta tokoh aktif partai politik.

Begitu juga dengan kepengurusan Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Sumut. Terlihat ada nama Ketua MPI KNPI Sumut Andika Kesuma Sitepu menggantikan Sugiat Santoso.

Terpisah, Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama menegaskan pengesahan PAW Pengurus DPD KNPI Sumut demi kelancaran organisasi.

"Diharapkan dengan penyegaran pengurus, KNPI Sumut semakin solid dan memperbanyak kegiatan sosial yang dapat dirasakan pemuda dan masyarakat manfaatnya," ujar Haris Pertama.

ARTIKEL LAINNYA