Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Jalur Sepeda Dibongkar, GAJ: Ini Kebijakan Pro Lingkungan Hidup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 17 Juni 2021, 07:46 WIB
Tolak Jalur Sepeda Dibongkar, GAJ: Ini Kebijakan Pro Lingkungan Hidup
Pesepeda sedang bersepeda di jalur sepeda permanen/Net
rmol news logo Pembongkaran jalur sepeda permanen yang melintasi Jalan Sudirman hingga Jalan MH. Thamrin bukan solusi yang bijak. Sebab, kehadiran jalur tersebut membuat pesepeda menjadi terproteksi di Jakarta. Selain itu juga mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan tingkat polusi udara ibukota.

Begitu kata aktivis sepeda Goweser Anak Jakarta (GAJ) Agung Nugroho menanggapi usulan anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni yang meminta agar jalur sepeda permanen dibongkar.

Permintaan Sahroni itu disampaikan saat Komisi III DPR Rapat Kerja dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (16/6). Sahroni minta jalur sepeda dibongkar karena menimbulkan diskriminasi terhadap pengguna jalan lainnya.

Agung justru berpandangan bahwa di beberapa negara maju, seperti Belanda, keberadaan jalur sepeda terproteksi merupakan hal biasa.

"Atau tetangga dekat Thailand, sudah lebih dahulu memiliki jalur sepeda yang aman buat pengendaranya," kata Agung seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta, Kamis (17/6).

Lebih lanjut Agung menyarankan Sahroni fokus mengurus isu pelanggaran HAM di Papua atau KPK yang sedang diobok-obok, ketimbang merecoki jalur sepeda di Jakarta.

“Kami mendukung penuh langkah Gubernur Anies Baswedan memfasilitasi warga Jakarta dengan jalur sepeda permanen," katanya.

Agung mengingatkan bahwa jalanan Jakarta bukan cuma milik pengendara kendaraan bermotor saja, karena  pesepeda dan pejalan kaki juga berhak menikmatinya.

Goweser Anak Jakarta, Agung menambahkan, akan terus mendukung kebijakan pembangunan hijau dan berkelanjutan dari Pemprov DKI Jakarta.

Infrastruktur jalur sepeda merupakan keharusan buat Jakarta sebagai kota layak huni.

"Jalur sepeda terproteksi ini salah satu kebijakan yang pro lingkungan hidup," demikian Agung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA