Farah.ID
Farah.ID

Tisna Sanjaya Sukses Gelar Seni Partisipatoris Di Bandung

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 13 Juni 2021, 22:46 WIB
Tisna Sanjaya Sukses Gelar Seni Partisipatoris Di Bandung
Seni Partisipatoris yang digagas Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB), Tisna Sanjaya/Ist
Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan seniman untuk terus berkarya dan berkreasi.

Seperti yang dilaukan Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB), Tisna Sanjaya. Ia membuat gebrakan dengan mengajak para seniman dan masyarakat melukis bersama selama dua hari di Imah Budaya Cigondewah, Bandung.

"Ini merupakan seni partisipatoris dengan melibatkan masyarakat dan seniman untuk berkarya bersama. Selain membangun optimisme, juga untuk merajut ikatan sosial dan kebersamaan dengan lingkungan sekitar kita di masa yang sulit ini," kata Tisna Sanjaya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/6).

Dari puluhan karya yang tercipta, ide besarnya bersumber dari suasana ruh, jiwa dan kondisi sosial masyarakat di masa pandemi yang sudah menerpa selama setahun lebih ini. Selain itu juga suasana Cigondewah di tengah-tengah tantangan perubahan global.

Acara tersebut pun cukup menarik antusiasme masyarakat dan seniman, bahkan anak-anak usia dini juga turut tertarik dalam kegiatan tersebut.

"Namun, jumlah peserta kami batasi agar tidak terjadi kerumunan,” kata seniman yang menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2020 dari Kemendikbud ini.

Kegiatan berlangsung mulai tanggal 11 sampai 12 Juni dengan menghasilkan puluhan karya seni. Yakni, beberapa lukisan berukuran 50 x 60 cm kolaborasi anak-anak, orang tua dan tutor. Kemudian dua karya lukisan berukuran jumbo, yakni 140 x 180 cm, dan juga tujuh lukisan karya dari seniman Sanggar Olah Seni.

“Total ada 25 lukisan kolaborasi. Nantinya akan kita pamerkan di Imah Budaya, juga rumah-rumah warga agar cinta dunia seni dan menggerakkan ekonomi," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA