Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Uma Lengge, Sandiaga Optimis Bima Jadi Destinasi Wisata Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Minggu, 13 Juni 2021, 19:18 WIB
Kunjungi Uma Lengge, Sandiaga Optimis Bima Jadi Destinasi Wisata Baru
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno,/Ist
rmol news logo Geliat pengembangan pariwisata di Bima, Nusa Tenggara Barat, tengah bangkit. Kawasan wisata terus berbenah agar tak terus tertinggal dan mampu bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimis, Bima akan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Uma Lengge, situs bersejarah warisan suku Mbojo yang  berada di Desa Wisata Maria Wawo di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/6).

Uma Lengge merupakan bangunan tradisional warisan leluhur suku Mbojo yang berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Warisan budaya para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” ujar Sandiaga.

Lebih jauh Sandiaga menjelaskan, pendampingan itu meliputi seluruh aspek yang diperlukan sebuah desa wisata. Mulai dari penyusunan rencana pembangunan, pembangunan sumber daya manusia, peningkatan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata, pendampingan serta pembangunan infrastruktur pendukung dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

“Kebangkitan pariwisata ini dimulai dari desa wisata yang nantinya diharapkan menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja dan apangan usaha seluas-luasnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Ini program yang berkeadilan dan tepat sasaran,” katanya.

Sandiaga mengungkapkan dampak langsung dari kunjungan ke desa wisata yang dilakukan Kemenparekraf telah memacu kenaikan ekonomi desa yang sangat siginfikan.

“Kami mendapat laporan, Desa Wisata Pujon Kidul, Malang setelah disentuh program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 kunjungannya meningkat. Saya juga berharap Desa Wisata Maria dengan Uma Lengge ini meningkat kunjungannya, sehingga akan membuka lapangan usaha bagi warga desa di sini,” tegasnya.

Desa Wisata Maria Wawo, terkenal dengan wisata adat budayanya. Selain budaya Uma Lengge yang sangat terkenal atraksi budaya juga menjadi daya  tarik desa ini, Antara lain tari dat Makatua, Tari Wura Bongi Monca, dan Kareku Kandei (menumbuk padi dengan bunyi berirama).

Kerajinan kriya juga berkembang di desa ini,  seiring dibangunnya beberapa UMKM dan produk lokal, seperti kain tenun khas Bima, kerajianan tangan dari olahan rotan dan bambu juga kuliner khas bima yang sangat beragam. Komoditas kopi juga menjadi khas dari Bima yang bisa dinikmati langsung di desa wisata ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA