Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikatan Apoteker Indonesia Dirikan Posko Crisis Center Bantu Penanggulangan Covid-19 Di Kudus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 13 Juni 2021, 02:52 WIB
Ikatan Apoteker Indonesia Dirikan Posko Crisis Center Bantu Penanggulangan Covid-19 Di Kudus
Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Jawa Tengah/Ist
rmol news logo Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Jawa Tengah mendirikan Posko Crisis Centre Apoteker Tanggap Bencana (CCATB) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Peresmian posko tersebut dilakukan secara daring oleh Ketua PD IAI Jawa Tengah, Jamaludin Al J Effendi, Sabtu (12/6).

Hadir dalam pembukaan Posko CCATB secara luring perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Ketua Pengurus Cabang IAI Eks Karesidenan Pati, yaitu: Kudus, Pati, Demak, Grobogan, serta sejumlah tamu undangan.

"Posko ini didirikan dalam rangka mendukung Pemerintah Daerah Jawa Tengah khususnya Kabupaten Kudus dan sekitarnya," ujar Jamaludin, dalam keterangannya, Sabtu (12/6).

Dijelaskan Jamaludin, Posko CCATB yang berlokasi di Jl. SMAN 1 Jepang Mejobo Kudus, didirikan dengan tujuan memberikan bantuan personel tenaga kefarmasian apoteker dan suplai logistik.

"Hal ini untuk menjaga ketersediaan farmasi agar teman sejawat apoteker di daerah wabah pandemi Covid-19 dapat melaksanakan pelayanan kefarmasian secara paripurna bersama dengan tenaga kesehatan lain yang tergabung dalam IDI dan PPNI," jelasnya.

Lebih lanjut dia menceritakan, saat ini ada tiga orang relawan yang bertugas di rumah sakit dan harus menerima insentif yang tidak banyak dari pemerintah daerah.

"Walaupun mendapatkan insentif yang minim dari Pemerintah Daerah, dengan support dari PD IAI Jateng tiga relawan itu tetap akan bertugas sampai status darurat berakhir," bebernya.

Bagi Jamaludin, pandemi Covid-19 hanya bisa diakhiri dengan kerjasama di antara tenaga kesehatan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sebagai langkah awal, Posko CCATB PD IAI Jawa Tengah menyalurkan bantuan relawan tenaga apoteker yang diturunkan di beberapa rumah sakit.

Selain itu, juga diserahkan bantuan logistik sediaan farmasi, yang senilai kurang lebih Rp 56 juta rupiah yang terdiri dari multivitamin 10.000 tablet masker medis 16.000 buah dan sejumlah alat juga pendukung lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA