Farah.ID
Farah.ID

Pejabat Pemkab, Pemprov Dan Pihak Swasta Paling Banyak Ditangkap KPK

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 10 Juni 2021, 17:49 WIB
Pejabat Pemkab, Pemprov Dan Pihak Swasta Paling Banyak Ditangkap KPK
Gedung merah putih KPK/Net
Ketua KPK Filri Bahuri memaparkan kasus tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK sepanjang tahun 2004 hingga 2020. Berdasarkan data, pejabat di tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) paling banyak ditangkap KPK karena terlibat korupsi.

Hal tersebut dipaparkan Firli saat pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wali kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota Hasil Pilkada Serentak 2020 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Pusat Pengembangan Kompetensi Pemerintahan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual Rabu (9/6).

Dari catatan KPK, sebanyak 409 orang pejabat dari Pemkab/Pemkot dan Pemprov yang ditangkap, lalu 382 orang berasal dari Kementrian dan Lembaga.

Sementara berdasarkan jenis profesi dan jabatan. Sebanyak 329 orang pihak swasta, diikuti Anggota DPR/DPRD sebanyak 280 orang, Eselon I/II/III 235 orang, Walikota/Bupati 129 orang dan Gubernur 21 orang.

"Modus operandi didominasi oleh penyuapan, 739 kasus, pengadaan barang dan jasa 236 kasus dan penyalahgunaan anggaran 50 kasus," demikian Firli.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA