Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat Pemkab, Pemprov Dan Pihak Swasta Paling Banyak Ditangkap KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 10 Juni 2021, 17:49 WIB
Pejabat Pemkab, Pemprov Dan Pihak Swasta Paling Banyak Ditangkap KPK
Gedung merah putih KPK/Net
rmol news logo Ketua KPK Filri Bahuri memaparkan kasus tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK sepanjang tahun 2004 hingga 2020. Berdasarkan data, pejabat di tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) paling banyak ditangkap KPK karena terlibat korupsi.

Hal tersebut dipaparkan Firli saat pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wali kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota Hasil Pilkada Serentak 2020 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Pusat Pengembangan Kompetensi Pemerintahan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual Rabu (9/6).

Dari catatan KPK, sebanyak 409 orang pejabat dari Pemkab/Pemkot dan Pemprov yang ditangkap, lalu 382 orang berasal dari Kementrian dan Lembaga.

Sementara berdasarkan jenis profesi dan jabatan. Sebanyak 329 orang pihak swasta, diikuti Anggota DPR/DPRD sebanyak 280 orang, Eselon I/II/III 235 orang, Walikota/Bupati 129 orang dan Gubernur 21 orang.

"Modus operandi didominasi oleh penyuapan, 739 kasus, pengadaan barang dan jasa 236 kasus dan penyalahgunaan anggaran 50 kasus," demikian Firli.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA