Farah.ID
Farah.ID

IKA Unpad Berkomitmen Beri Kontribusi Bagi Negara

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 09 Juni 2021, 08:20 WIB
IKA Unpad Berkomitmen Beri Kontribusi Bagi Negara
Pengurus Pusat IKA Unpad/Ist
Menjalin kebersamaan dan keragaman menjadi kekuatan bagi bangsa ini untuk terus melakukan perubahan positif. Hingga bisa tercipta negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Demikian kutipan ceramah Ustaz Aam Amiruddin saat mengisi acara halal bihalal Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) bersama Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni) secara hybrid di Sekretariat IKA Unpad, Sangkuriang Space, Kota Bandung, Selasa (8/6).

Dalam ceramah kali ini, Ustaz Aam memang mengangkat tema 'Menjalin Kebersamaan dalam Keragaman'.

Menurutnya, tema tersebut sangat relevan bagi organisasi alumni perguruan tinggi seperti IKA Unpad dan anggota Himpuni yang anggotanya majemuk.

"Di Bumi ini tidak ada yang tetap karena substansi kehidupan adalah perubahan. Namun, di tengah perubahan itu harus ada yang kita pegang teguh yaitu menjalin kebersamaan dalam keragaman," tutur Aam yang juga alumni Unpad (8/6).

"Ini yang akan menjadi kekuatan kita membangun negeri kita menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Negeri yang diridoi Tuhan, memberi keberkahan, dan yang menyejahterakan seluruh penduduk di negeri tercinta ini," tambahnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Aam menambahkan, hal terpenting dari kita yakni terdapat sebuah kesadaran bahwa kita fana. Bagaimana kita membuat kebijakan, amalan baik, dan jejak baik bagi anak cucu kita.

Rektor Unpad, Rina Indiastuti, pun menyambut baik kegiatan halal bihalal ini guna meningkatkan kembali silaturahmi antaralumni.

Kemudian, Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan menambahkan, pihaknya berharap silaturahmi yang terjalin antaralumni ini akan berdampak baik bagi semua pihak.

Di sela kegiatan tersebut, Teh Ira -sapaan akrabnya- menyampaikan agenda terdekat IKA Unpad yakni pelaksanaan vaksin pencegahan Covid-19 di Kabupaten Garut sebagai aksi nyata IKA Unpad turut mendukung Pemerintah RI dalam penanggulangan Covid 19. Vaksinasi tersebut rencananya akan dilakukan pada 12 Juni 2021 di Pendopo Kabupaten Garut.

"Vaksinasi ini diperuntukan bagi usia pra lansia 50 tahun ke atas dan dapat pula bagi masyarakat umum yang mendampingi 2 orang pra lansia dan lansia. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dari IKA Unpad, IKA Fakultas Kedokteran Unpad, Dinkes Jabar, IA ITB, IKA Unpar, Pemda Kabupaten Bogor, dan daerah lainnya," ungkapnya.

“IKA Unpad memiliki anggota lebih dari 200 ribu orang yang tersebar di seluruh nusantara dan alumni yang telah sukses sebagai pimpinan perusahaan dan instansi pemerintahan. Sehingga, IKA Unpad dapat menempatkan diri sebagai komponen yang integral dalam pembangunan bangsa dan berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi yang konstruktif bagi agenda negara,” lanjut Teh Ira.

Halal bihalal ini diselenggarakan sebagai forum silaturahim antara pengurus IKA Unpad di momentum pasca Idul fitri sekaligus memperkenalkan pengurus IKA Unpad dengan anggota Himpuni.

Selain dihadiri Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan, tampak pula Sekretaris Kabinet dan Ketua Dewan Pembina IKA Unpad, Pramono Anung; Ketua Dewan Penasihat IKA Unpad, Rudiantara; Rektor Unpad, Rina Indiastuti; Koordinator Presidium Himpuni, Akhmad Muqowam; Ketua IA ITB, Gembong Primadjaja: dan perwakilan ikatan alumni dari Undip, IPB, Iluni UI, UB, UNILA, UNJ, UGM, dan UTU.

Turut hadir para prominen IKA Unpad, Sekjen IKA Unpad, MQ Iswara, beserta para Wakil Ketua IKA Unpad yakni Aquarius Rudiantoro (Direktur Bank Mandiri), Agus Nursanto (Direktur BRI), Fiki Satari (Staf Khusus Kemenkop UKM), Adrian Zakhary (Komisaris PTPN VIII), dan Pendiri Yayasan Tungga Dewi, Anissa Larasati Pohan.

Hadir secara daring, Wakil Ketum IKA Unpad, Atalia Praratya Kamil, yang juga Ketua TPPKK Jabar dan Ketua Jabar Bergerak.

Selain itu, IKA Unpad juga akan mengadakan Manglayang Trail Run (MTR) 27 Juni 2021 yang akan diadakan secara virtual maupun offline (hybrid). Pendaftaran masih dibuka untuk umum.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA