Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Target Fahira, Donor Darah Maraton 44 Kecamatan Kumpulkan 6.600 Kantong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 07 Juni 2021, 07:24 WIB
Target Fahira, Donor Darah Maraton 44 Kecamatan Kumpulkan 6.600 Kantong
Anggota DPD RI Fahira Idris saat berfoto bersama pendonor darah/Net
rmol news logo Sebanyak 150 kantong darah per kecamatan menjadi target anggota DPD RI Fahira Idris yang mulai menggelar aksi maraton donor darah di 44 kecamatan di Jakarta.

Aksi yang dilakukan setelah sukses di tingkat kota ini, juga merupakan bagian dari peringatan HUT ke-494 Kota Jakarta dan Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni mendatang. Aksi ini dimulai di Kecamatan Pasar Rebo pada Minggu (6/6).

“Kami menargetkan dari tiap kecamatan terkumpul 150 kantong darah untuk disumbangkan ke PMI DKI Jakarta hingga nanti di akhir rangkaian donor darah di 44 Kecamatan ini bisa terkumpul 6.600 kantong darah,” ujarnya kepada wartawan, Senin (7/6).

Fahira menjelaskan bahwa target utama pendonor darah adalah warga yang berdomisili di Kecamatan Pasar Rebo untuk menghindari kerumunan karena antusias warga yang mendaftar sangat besar, termasuk dari warga kecamatan lain.

Bagi warga di kecamatan lain, pihaknya menyarankan menunggu aksi donor darah ini di kecamatann mereka.

“Kegiatan donor darah ini kami laksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” tegasnya.
 
Menurut Fahira, alasan utamanya melanjutkan kegiatan donor darah yang semula hanya di tingkat kota ke tingkat kecamatan adalah antusiasme warga Jakarta mendonorkan darahnya.

Kesadaran warga Jakarta bahwa pasokan darah di PMI harus terjaga selama pandemi ini menjadikan mereka secara sukarela mendaftarkan diri sebagai pendonor.

Memang, lanjut Fahira, selama pandemi kegiatan donor darah yang biasanya rutin digelar berbagai instansi mulai berkurang sehingga stok kesedian darah juga berkurang. Oleh karena itu, dirinya berinisiatif menyelenggarakan donor darah secara rutin sepanjang 2021 dan ternyata disambut positif oleh warga Jakarta.
 
“Dari setiap tetes darah yang kita sumbangkan akan menyelamatkan banyak nyawa dan kehidupan. Semoga kolaborasi kita untuk saling bahu membahu, bergotong royong, dan saling tolong menolong terus menyala di kota kita tercinta Jakarta,” demikian Fahira.
 
Sebagai apresiasi bagi para pendonor, Fahira Idris memberi piagam penghargaan ‘Pahlawan Darah Indonesia’ kepada warga yang mendonorkan darahnya sebagai bentuk apresiasi bahwa yang mereka lakukan saat ini sangat berarti bagi banyak nyawa dan kehidupan di luar sana.

Selain itu, para pendonor juga diberikan bingkisan berisi sembako dan starter pack berisi handsanitizer, masker tiga lapis, sarung tangan plastik, snack box dan minuman ringan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA