Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ketum Pemuda Muhammadiyah Promosikan Pembangunan Hijau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 05 Juni 2021, 19:36 WIB
Di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ketum Pemuda Muhammadiyah Promosikan Pembangunan Hijau
Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto dalam acara tanam ratusan bibit pohon bakau di salah satu pantai di kota Tegal, Jawa Tengah/Repro
rmol news logo Hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada hari ini ikut dirayakan Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah dengan aksi menanam pohon di Jawa Tengah.

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menyatakan, membicarakan lingkungan hidup tidak lagi hanya tentang perilaku manusia terhadap alam, namun juga berbicara tentang semua relasi pada kehidupan alam semesta.

"Kita harus menempatkan alam sebagai pemilik nilai, lantas secara moral memberlakukan prinsip bahwa setiap kehidupan dimuka bumi memiliki nilai moral yang sama, sehingga harus dilindungi dan diselamatkan," ujar Cak Nanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (5/6).

Pada tataran praksis, sosok yang kerap disapa Vak Nanto ini memastikan bahwa Pemuda Muhammadiyah berkomitmen untuk mendukung kampanye pembangunan hijau di Indonesia.

"Mempromosikan pembangunan fisik serta teknologi yang tidak menghancurkan lingkungan dan tatanan alam semesta. Hari ini tidak lagi soal untung rugi, namun tentang mengarus utamakan kehidupan semua makhluk hidup," tegasnya.

Selain itu, Cak Nanto memandang banyak hal sederhana yang bisa dilakukan seluruh unsur masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya adalah gerakan menanam pohon seperti yang dilakukannya pada hari ini.

Katanya, Pemuda Muhammadiyah terus berupaya mendorong masifikasi gerakan menanam pohon, oleh seluruh lapisan struktural baik tingkat pusat hingga ranting.

"Menanam pohon harus jadi habit keseharian bagi kader-kader Pemuda Muhammadiyah. Gerakan menanam pohon harus menjadi gerakan berjamaah seluruh kader, sebab keberadaan pohon adalah simbol relasi manusia dengan lingkunganya," tuturnya.

Oleh karenanya, pada hari ini pengurus wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah dan Jawa Timur serentak melakukan gerakan menanam pohon dengan tagline “satu kader satu pohon” yang dia hadiri secara langsung

"Bersama teman-teman kader kami menanam ratusan bibit pohon bakau di salah satu pantai di kota Tegal. Selain agar mencegah agar tidak terjadi abrasi gerakan semacam ini juga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar," bebernya.

Lebih lanjut, mantan Korbas JPPR ini berkomitmen untuk terus menggaungkan pembangunan hijau. Karena dalam berbagai kesempatan, dirinya tak bosan menyampaikan pesan kepada para kader mengenai pentingnya menanam pohon dan melakukan sejumlah hal yang sifatnya menjaga lingkungan.

"Itu adalah wujud keramahan yang putih dan ketulusan yang tak pernah menagih. Bahkan konon, jauh sebelum kesadaran kita akan keberadaan pohon ini tumbuh," katanya.

"Bung Hatta pernah berucap 'untuk setiap pohon yang engkau rubuhkan tanamlah lima'. Selamat hari Lingkungan Hidup Sedunia, semoga bumi kita lekas sehat kembali," demikian Cak Nanto menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA