Farah.ID
Farah.ID

Gelar Aksi Berbagi Dan Peduli, Rektor UKI: Tidak Ada Yang Tidak Dapat Diselesaikan Dengan Gotong Royong

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 03 Juni 2021, 15:47 WIB
Gelar Aksi Berbagi Dan Peduli, Rektor UKI: Tidak Ada Yang Tidak Dapat Diselesaikan Dengan Gotong Royong
Pembagian 500 paket makanan gratis di depan Kampus UKI/Ist
Gotong royong merupakan bagian dari karakter kepribadian bangsa Indonesia. Tidak ada yang tidak dapat diselesaikan dengan gotong royong.

Begitu tegas Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Dhaniswara K. Harjono yang menggagas aksi sosial dengan tema “Berbagi dan Peduli” pada hari ini, Kamis (3/6).

Kegiatan ini berupa pembagian 500 bungkus makanan, masker, dan vitamin gratis kepada masyarakat di sekitar area kampus UKI. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat di tengah situasi pandemi.  Aksi tersebut sedianya akan digelar selama 3 bulan.

Pembagian dimulai setiap pukul 06.00 hingga 08.00 dengan menaati protokol kesehatan yang ketat. Sasaran bantuan adalah masyarakat yang secara ekonomi terdampak akibat covid-19. Misalnya, ojek online, pedagang kaki lima (PKL), warga sekitar, serta warga UKI seperti mahasiswa, satpam, hingga pramu kantor.

“Kita sudah buktikan bahwa dengan bergotong royong, tidak ada yang tidak dapat kita selesaikan. Upaya kita keluar dari kesulitan akibat pandemi Covid-19 pun dapat berhasil,” ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, Pancasila yang hari kelahirannya diperingati setiap 1 Juni telah menjadi dasar negara yang mengajarkan untuk peduli dengan sesama, apapun latar belakang kita.

“Jadi dalam keberagaman kita, kita mampu berbagi dan melayani sesama,” ujarnya.

Selain aksi tersebut, pihak kampus juga telah membentuk Tim Gugus Tugas UKI Peduli Dampak Covid-19. Tujuannya untuk meminimalkan dampak Covid-19 di civitas akademika dan masyarakat sekitar.

Tim ini membentuk Dapur Umum Koinonia untuk menyediakan makanan sehat berupa 150 nasi bungkus untuk dibagikan secara gratis kepada mahasiswa UKI, terutama mahasiswa yang terkena dampak Covid-19 dan mahasiswa yang tinggal di kost sekitar UKI. Dapur umum bertempat di kantin UKI Cawang.

Selain itu, tim juga memberikan bantuan sembako untuk mahasiswa UKI, untuk petugas kebersihan, dan petugas keamanan di UKI. Termasuk membagikan masker untuk mahasiswa, masyarakat sekitar Kelurahan Cawang, dan  pulsa untuk mahasiswa UKI yang memerlukannya.

“Bersama alumni, mahasiswa dan sivitas akademika UKI, kami peduli dengan situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia saat ini,” demikian Dhaniswara.

ARTIKEL LAINNYA