Farah.ID
Farah.ID

Elemen Masyarakat Apresiasi Setahun Kinerja Kapolda NTB, Sukses Kawal Penanganan Pandemi Dan Pembangunan Infrastruktur

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Mei 2021, 01:55 WIB
Elemen Masyarakat Apresiasi Setahun Kinerja Kapolda NTB, Sukses Kawal Penanganan Pandemi Dan Pembangunan Infrastruktur
Dari kiri ke kanan: Aktivis Kepemudaan, Karman BM bersama Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol Mohammad Iqbal/Repro
Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol Mohammad Iqbal, yang sudah genap setahun bekerja dalam jabatannya di daerah mendapat apresiasi dari elemen masyarakat sipil.

Apresiasi kepadanya disampaikan Aktivis Kepemudaan, Karman BM, yang melihat kinerja Iqbal berhasil dalam menjaga stabilitas keamanan di masa pandemi hingga dalam proses pembangunan infrastruktur di NTB.

Direktur Al Mentra Institute ini mengatakan, beberapa poin keberhasilan Iqbal mulai terlihat saat membangun kolaborasi bersama elemen masyarakat, instansi pemerintah hingga TNI, da termasuk kelompok aktivis kepemudaan dan mahasiswa dalam rangka penangan Covid-19.

"Ia menganggap para tokoh di luar kepolisian sebagai tim, tim dalam menjaga Kamtibmas," kata Karman, dalam ketrangan tertulis yang diterima Minggu (30/5).

Dalam membangun tim yang solid itu, Karman mengamati Iqbal sering mengunjungi rumah para tokoh, hingga berkomunikasi menggunakan perangkat digital seperti instagram, dan video call.

Dengan pendekatan tersebut, akhirnya dia melihat kerja-kerja Kapolda NTB bisa ikut melibatkan semua komponen, yang bukan hanya dalam menghadapi pandemi Covid-19 tapi juga mengawal penyelenggaran Pilkada 2020 yang aman damai.

"Artinya, ia mengambil tanggung jawab untuk menjaga hak masyarakat tetap sehat, ekonominya hidup dan hak-hak politik warga terpenuhi. Terbukti pengendalian kasus Covid-19 berhasil, aktivitas ekonomi bergairah, dan pilkada aman damai tanpa ada konflik horizontal," ungkap Karman.

Di tongkat kepemimpinan Iqbal, Karman menyebutkan bahwa dalam waktu kurang lebih lima bulan berhasil mengamankan proyek strategis Mandalika tanpa ada yang cidera, dengan cara membentuk tim percepatan penyelesaian Mandalika yang terdiri dari berbagai unsur lembaga negara vertikal yang ada di NTB. Tim tersebut di antaranya adalah BPN, kejaksaan, pengadilan dan pemda.

"Kerja tim ini memadukan legitimasi publik dan kepastian hukum. Dan dalam proses pembebasan lahan mandalika berjalan lancar, tidak ada korban. Ia berhasil mengajak semua pihak untuk mementingkan kepentingan NTB. NTB First di atas kepentingan yang lain," paparnya.

Dalam konteks Kamtibmas, Karman menilai Iqbal sebagai sosok yang berprestasi menurunkan angka kriminal. Contohnya, di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi masyarakat dan memiliki potensi kriminal tinggi, mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini mampu menururnkan angka kriminal do NTB.

"Kapolda Irjen Pol. Moh. Iqbal juga dapat meningkatkan upaya preventif dan pre emptive. Melakukan deteksi dini dan upaya pencegahan. Sehingga kriminalitas di NTB selama setahun turun drastis," imbuhnya.

"Tentu banyak hal lain yang pantas diapresiasi dari Pak Irjen Iqbal yang tak cukup saya sampaikan. Semua itu membuat masyarakat NTB merasa beruntung memiliki Kapolda seperti dia," katanya.

Ia berharap Kapolda NTB menjadi sosok yang dicintai masyarakat NTB dan Indonesia, serta terus meningkatkan prestasi.

"Saya berharap, pak Iqbal tetap menjadi sosok yang disenangi dan dicintai masyarakat NTB dan Indonesia dengan tetap menjaga serta meningkatkan prestasi itu" tutup Karman.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA