Farah.ID
Farah.ID

Akhir Mei, Semarang Buka 3.532 Formasi CPNS Tahun 2021

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 28 Mei 2021, 15:05 WIB
Akhir Mei, Semarang Buka 3.532 Formasi CPNS Tahun 2021
Ilustrasi/Net
Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 akan segera dibuka pada tanggal 31 Mei hingga 21 Juni 2021 oleh Pemerintah Kota Semarang.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Litani Setyawati menyebut, akan ada 3.532 formasi baik CPNS maupun Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) yang akan dibuka untuk Kota Semarang.

Litani mengaku, pihaknya mengajukan jumlah formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi (Kemenpan RB) sebanyak 4.068 formasi, namun yang disetujui hanya formasi-formasi prioritas.

"Untuk Kota Semarang formasi tersebut terbagi atas formasi PPPK guru jumlahnya ada 2.291, CPNS terdiri dari formasi CPNS tenaga kesehatan 579, dan tenaga teknis yang ada di masing-masing OPD ada 662," kata Litani saat ditemui di kantor BKPP, Semarang, Jumat (28/5).

Litani mengatakan, saat ini pemkot sedang menyiapkan banyak hal terkait dengan ribuan formasi yang akan dibuka secara serentak oleh Kemenpan R.

"Kalau kisi-kisinya akhir bulan akan diumumkan tapi kita belum tahu apa tanggal 31 Mei atau 1 Juni jam nya jam berapa juga masih belum tahu," tambahnya.

Litani menyebut berbagai persiapan dilakukan Pemkot terkait dengan detail lokasi dan persyaratan khusus yang akan diminta Pemkot Semarang untuk CPNS dan CPPPK nantinya.

"Persiapan yang kami lakukan misalnya 2.291 tenaga guru itu di mana saja, harus dibagi karena tidak bisa hanya melamar hanya guru saja. Misalnya mata pelajaran apa, di sekolah mana, nanti kita sesuaikan guru tersebut membutuhkan latar belakang apa, lalu tenaga kesehatan yang dibutuhkan apa, di mana saja, teknik juga sama, nanti lengkap dengan latar belakang pendidikan yang dibutuhkan apa saja," bebernya.

Harapannya, tidak akan ada lagi calon pelamar yang kebingungan untuk menentukan apakah klasifikasinya sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak. Selain itu, dalam detail formasi juga akan ditentukan berapa orang yang akan dibutuhkan.

"Jadi dalam satu kali pengumuman itu sudah jelas dan terperinci, semua orang mau ngelamar juga tidak bingung lagi dan tidak cari-cari info lagi karena semuanya sudah diperinci dan diperjelas oleh kami," pungkasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA