Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kelurahan Kampung Melayu, Kampung Kumuh Yang Berubah Berkat Bedah Kawasan Baznas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 27 Mei 2021, 21:48 WIB
Kelurahan Kampung Melayu, Kampung Kumuh Yang Berubah Berkat Bedah Kawasan Baznas
Kondisi rumah bedah kawasan Baznas DKI di Kampung Melayu/Ist
rmol news logo Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur yang padat dan kumuh kini berubah lebih layak huni.

Warga di RT 10, 11, dan 13 di RW 04 dan 05 bisa tinggal secara layak, setelah dilakukan bedah kawasan oleh Baznas Bazis DKI yang berkolaborasi dengan Pemkot Jaktim dan TNI.

Sebanyak 42 rumah warga yang masuk kategori rusak berat dan tidak layak huni di Kampung Melayu sudah dibangun melalui Program Bedah Kawasan Baznas (Bazis) DKI.

Lurah Kampung Melayu, Setiyawan mengatakan, kawasan Kampung Melayu sebelumya kumuh, padat, dan sering dilanda banjir.

"Tiap tahun selalu paling pertama terdampak banjir, dan paling lama surutnya. Sehingga rumah di situ kondisinya sudah lapuk dan rusak berat. Sekarang sudah bagus sekali. Besar sekali manfaat (program bedah kawasan) yang dirasakan warga," kata Setiyawan, Kamis (27/5).

Setiyawan menambahkan, warga Kampung Melayu tidak saja merasakan dampak fisik dari bedah rumah, tetapi juga bisa menikmati nilai manfaat lain. Seperti adanya pembekalan dan pelatihan sebagai kampung tangguh yaitu pelatihan kebencanaan, pelatihan UMKM, dan pelatihan pemberdayaan ekonomi.

Bahkan warga dapat menikmati fasilitas wifi gratis, dan fasilitas umum untuk ruang interaksi dan kegiatan sosial warga.

Nur Hasanah (55), salah satu pemilik rumah yang dibedah mengatakan, dirinya bersyukur Baznas (Bazis) DKI bisa membuat rumahnya menjadi lebih layak.

"Banyak yang bersyukur setelah rumahnya jadi bagus begini. Mungkin ini berkat doa ibu-ibu di sini kali ya, sehingga rumahnya pada di bedah semua," jelasnya.

Warga lainnya, Leli Yuliana dengan rasa haru mengaku merasa mimpi mendapatkan rumah yang bagus seperti saat ini.

"Alhamdulillh rumah saya yang dulu lapuh, rusak parah selama bertahun-tahun sekrang jadi bagus banget, banget, banget. Ini benar-benar terasa mimpi buat kami," jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Baznas Bazis DKI, KH Ahmad Luthfi Fathullah menyampaikan bahwa inovasi program bedah rumah menjadi bedah kawasan merupakan respons atas kebutuhan masyarakat, khususnya para mustahiq.

“Bentuk penyaluran kepada mustahiq tentu disesuaikan dan dilakukan inovasi dalam bentuk program-program yang diharapkan memiliki nilai manfaat lebih luas. Salah satunya adalah bedah kawasan di Kampung Melayu Jakarta Timur," kata Kiai Luthfi.

Saat ini, rumah bedah kawasan telah selesai dibangun. Hanya saja, masih dalam proses akhir, yaitu pembengunan sumur resapan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya seperti jalan, ruang bermain anak, ruang kegiatan ekonomi untuk di lantai dasar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA