Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Samakan BNPB Dengan Kopassus, Doni Monardo: ASN Sipil Tapi Berjiwa Militan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 25 Mei 2021, 16:36 WIB
Samakan BNPB Dengan Kopassus, Doni Monardo: ASN Sipil Tapi Berjiwa Militan
Letjen TNI Doni Monardo/Net
rmol news logo Letjen TNI Doni Monardo resmi menanggalkan jabatan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) karena memasuki masa purna tugas pada 1 Juni 2021 yang akan datang. Jabatan Doni kemudian diisi oleh Pati TNI bintang tiga yakni Ganip Warsito yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Dihadapan Ganip usai serah terima jabatan di Aula BNPB, Doni mengibaratkan BNPB seperti pasukan korps baret merah alias Kopassus, sebuah satuan elit TNI dimana dia menghabiskan sebagian besar karirnya di TNI AD. Doni juga pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus di tahun 2015.

“Pak Ganip, saya katakan bahwa BNPB ini ibarat Kopassus. Bahkan dalam kondisi darurat Covid dan juga penanganan bencana di berbagai daerah, nyaris tidak pernah istirahat,” katanya dalam serah terima jabatan Kepala BNPB di Aula Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta (25/5).

Kepada Ganip, Doni bercerita bahwa ASN di BNPB merupakan yang meurpakan sipil justru mempunyai jiwa militan. Ia mengaku beruntung telah diberikan amanah oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNPB sekaligus komandan penanganan pandemi Covid-19.

“Jadi, Bapak menghadapi kalangan sipil tetapi yang berjiwa militan. Dan rasanya sulit sekali menemukan ASN yang punya dedikasi yang luar biasa,” katanya.

Dia melanjutkan, bahwa menjadi Kepala BNPB merupakan pekerjaan yang membutuhkan stamina dan juga keteguhan hati.

"Karena menghadapi begitu banyak persoalan yang tidak mudah di daerah ketika bencana terjadi,” ujarnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA