Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Desa Di Trumon Tengah Aceh Kebanjiran Berhari-hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 21 Mei 2021, 21:54 WIB
Tiga Desa Di Trumon Tengah Aceh Kebanjiran Berhari-hari
Banjir di Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan/Ist
rmol news logo Tiga desa di Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan terendam banjir sejak Rabu (12/5).

Dari laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh, tiga desa yang masih terendam hingga kini yakni Gampong Lhok Raya, Gampong Cot Bayu, dan Gampong Padang Harapan.

Setidaknya, 93 KK atau 392 jiwa terdampak dengan rincian 45 KK/195 jiwa di Gampong  Lhok Raya, 17 KK/57 jiwa di Gampong Cot Bayu, dan 31 KK/140 jiwa di Gampong Padang Harapan.

"Sementara itu, 11 jiwa di antaranya dilaporkan harus mengungsi di Posko Batalyon C," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Jumat (21/5).

Banjr sendiri dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan meluapnya air Sungai Gelombang. Tercatat, 93 unit rumah terendam banjir. Selain itu, fasilitas umum, sawah masyarakat, tanaman masyarakat, dan jalan antar desa juga ikut terendam banjir.

Bahkan pada Jumat siang, kondisi air justru meningkat di Gampong Cot Bayu dan Gampong Padang Harapan. Sementara di Gampong Lhok Raya, kondisi air berangsur-ansur surut.

BPBD Kabupaten Aceh Selatan telah menugaskan Satgas PB BPBD untuk melakukan kaji cepat dan penanganan awal pascabanjir. Selain itu, BPBD juga telah berkoordinasi dengan Muspika setempat untuk melakukan evakuasi warga yang mengungsi ke Posko Batalyon C Pelopor/Brimob di Gampong Lhok Raya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA