Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kementan Terus Dorong Ribuan Penyuluh Pertanian Diangkat Jadi ASN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 20 Mei 2021, 14:31 WIB
Kementan Terus Dorong Ribuan Penyuluh Pertanian Diangkat Jadi ASN
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong agar ribuan penyuluh pertanian dapat diangkat menjadi ASN/Ist
rmol news logo Kementerian Pertanian mendorong agar Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP) dapat diangkat menjadi ASN PPPK.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya telah mengusulkan formasi sebanyak 7.684 orang penyusul THL-TPBB yang berusia kurang dari 35 tahun kepada Kementerian PAN-RB.

Tugas THL-TPBB sendiri mendampingi pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengembangkan usaha tani, mulai dari hulu sampai hilir, serta dengan melakukan inovasi teknologi yang tepat guna dan dapat berjalan dengan baik yang dapat meningkatkan produksi produktivitas pendapatan petani beserta keluarganya.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, masih diperlukan 74 ribu orang penyuluh pertanian jika disesuaikan dengan jumlah desa potensi pertanian.

"Oleh sebab itu, kita telah dilakukan rekruitmen THL-TBPP tahun 2007 hingga 2009 sebanyak 26 ribu orang," ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Kamis (20/5).

Jika berlandaskan Peraturan Menteri PAN-RB No. 8/2016, Dedi menjelaskan, maka pengangkatan THL-TBPP dimungkinkan.

Pada tahap seleksi awal melalui pelaksanaan CAT tanggal 3 hingga 6 Oktober 2016, totalnya terdapat 6.058 THL-TBPP yang berpartisipasi.

Dari formasi 6.058 orang THL-TBPP, sebanyak 6.033 orang telah ditetapkan menjadi CPNS sesuai Surat Edaran Kepala BKN Nomor K-26-30/52-4/99 tanggal 28 April 2017. Sedangkan 25 orang tidak dapat diproses karena pendidikannya tidak linier dengan persyaratan, yaitu bidang pertanian.

Sementara bagi THL-TBPP yang berusia di atas 35 tahun diarahkan pada formasi PPPK sesuai amanah Peraturan Pemerintah No. 49/2018.

“Kementerian Pertanian sendiri telah mengusulkan Jabatan Penyuluh Pertanian sebanyak 17.691 orang THL lingkup Kementerian Pertanian untuk formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK. Dari hasil validasi ternyata yang memenuhi persyaratan sebanyak 14.924 orang," jelas Dedi.

Untuk menindaklanjuti kebijakan Kementerian PAN-RB, maka pemda telah melaksanakan proses seleksi PPPK termasuk penyuluh pertanian di 21 Provinsi dan 34 Kabupaten/Kota pada tanggal 23 hingga 24 Februari 2019.

Jumlah peserta pendaftar seleksi sebanyak 14.274 orang dan yang lulus verifikasi sebanyak 11.965 orang sesuai Peraturan Menteri PAN-RB No. 4/2019.

“Penyuluh pertanian yang lolos passing grade sebanyak 11.670 orang (98 persen). Percepatan Pengangkatan THL-TB Sebagai ASN PPPK Penyuluh Pertanian, Sampai saat ini Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP masih mengalokasikan Honorarium, BOP dan BPJS Ketenagakerjaan bagi THL-TB Penyuluh Pertanian," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA