Farah.ID
Farah.ID

BPBA: 5.145 Jiwa Terdampak Banjir Di Aceh Selatan

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 18 Mei 2021, 16:54 WIB
BPBA: 5.145 Jiwa Terdampak Banjir Di Aceh Selatan
Ilustrasi banjir/Net
Banjir yang melanda Aceh Selatan pada Senin kemarin (17/5) merendam sedikitnya 17 desa di 5 kecamatan. Bahkan, menurut catatan Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Pusdatin BPBA) ada 5.145 jiwa yang terdampak banjir kali ini.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas menyebutkan, lima kecamatan yang terkena banjir adalah Kluet Tengah, Pasie Raja, Tapaktuan, Kota Bahagia, dan Trumon.

"Data sementara ada 5.145 jiwa yang terdampak banjir. Untuk Kecamatan Trumon masih dalam pendataan petugas," kata Ilyas dalam keterangan tertulis, Selasa (18/5) seperti dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Ilyas menjelaskan, banjir akibat hujan yang mengguyur wilayah Aceh Selatan sejak pagi hingga sore. Kondisi ini mengakibatkan banjir dan longsor batuan di jalan nasional wilayah Kecamatan Tapaktuan menuju Pasie Raja.

"Bongkahan batu besar jatuh ke badan jalan nasional tersebut dan menutupi setengah dari badan jalan, mengakibatkan terhambatnya aktivitas pengguna jalan nasional," terang Ilyas.

Ilyas menambahkan, hujan yang masih mengguyur wilayah Aceh Selatan mengakibatkan meningkatnya intensitas debit air luapan yang mengenangi beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan.

Adapun ketinggian air di setiap kecamatan, lanjut Ilyas, berbeda-beda, antara 10 sampai 70 centimeter.

"Air ini merendam area permukiman warga setempat, sehingga menyebabkan terganggunya aktivitas warga," ungkapnya.

Ilyas juga menyebutkan, petugas BPBD Aceh Selatan saat ini masih melakukan pendataan soal warga yang mengungsi akibat banjir tersebut.

"Kondisi terakhir tadi malam, jalan yang longsor sudah bisa dilalui. Air masih naik di sebagian desa dan sebagian desa ada  yang sudah mulai surut," pungkas Ilyas.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA