Farah.ID
Farah.ID

Respon Banjir Tanah Bumbu, Muhammadiyah Kalsel Terjunkan Relawan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 17 Mei 2021, 08:14 WIB
Respon Banjir Tanah Bumbu, Muhammadiyah Kalsel Terjunkan Relawan
Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bantu korban banjir di Kabupaten Tanah Bumbu/Ist
Warga di Kabupaten Tanah Bumbu, Kecamatan Satui, Kalimantan Selatan, tidak bisa merayakan Hari Lebaran akibat banjir yang menimpa wilayah itu pada Kamis (13/5). Hujan dengan intensitas tinggi membuat Sungai Satui meluap pada pukul 06.00 WITA, yang membuat enam desa tergenang air setinggi 100 cm hingga 150 cm.

Muhammadiyah Kalimantan Selatan melalui Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) langsung bergerak merespon kejadian yang menimpa enam desa itu, di antaranya Desa Sinar Bulan, Desa Satu Barat, Jombang, Satui Timur, Sungai Danau, dan Sejahtera Mulia.

Koordinator Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR), Miftah Farih, menyampaikan bahwa tim telah melakukan kaji cepat sejak Jum'at (14/5) melalui relawan yang berada di lokasi.

"Kami melakukan koordinasi bersama relawan yang ada di lokasi pada Jum'at untuk mengumpulkan data yang akan dipakai untuk mengambil keputusan terkait rencana aksi," jelasnya dalam rilis yang diterima redaksi.

Tim asistensi MDMC Wilayah Kalimantan Selatan berangkat pada Jum'at malam dengan membawa dukungan logistik dan peralatan.

"Untuk mendukung aksi relawan di lapangan, kami (MDMC Wilayah Kalimantan Selatan) berangkat dari Banjarmasin pada Jum'at malam ke Kantor Layanan Lazismu Kintap untuk melakukan koordinasi dan membawa dukungan logistik, peralatan, serta mobil taktis dari Kantor Layanan Lazismu Al Ummah Banjarmasin," terang Miftah. Lokasi Kantor Layanan Lazismu Kintap dipilih karena berdekatan dengan lokasi banjir yang ada di Kecamatan Satui.

Manajer Pengembangan Program, Fundraising, dan Kerjasama Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Abdullah Sani, yang turut serta meninjau lokasi banjir menyampaikan bahwa pihaknya memberikan dukungan kepada MDMC dalam tugas kemanusiaan ini.

"Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan memberikan dukungan dengan mengirimkan bantuan logistik maupun peralatan yang ada di gudang Lazismu. Bantuan ini seperti perahu karet lengkap dengan life jacket, peralatan dapur umum, serta logistik yang kami siapkan seperti beras, gula, telur, dan minyak goreng," terangnya.

Ia juga berharap agar para donatur dapat menyalurkan bantuan melalui Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan.

MDMC Wilayah Kalimantan Selatan mengerahkan potensi relawan dari kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanah Bumbu, seperti Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Laut.

Seperti dilaporkan oleh BNPB, banjir yang melanda enam desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu telah berdampak kepada sekitar 2.126 KK atau sebanyak 5.308 jiwa.

Sekitar 58 KK lainnya atau 207 jiwa harus mengungsi di dua lokasi pengungsian yaitu di SMPN 4 Satui Desa Sinar Bulan dan Gedung Majelis Ta'Lim Desa Sungai Danau.

Selain merendam sekitar 2.126 unit rumah, banjir juga mengakibatkan hancurnya 55 Hektar lahan pertanian yang siap panen.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA