Farah.ID
Farah.ID

Cegah Covid-19 Masuk Papua, Kepolisian Awasi Orang Masuk Di Penyeberangan Kumbe

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 17 Mei 2021, 05:13 WIB
Cegah Covid-19 Masuk Papua, Kepolisian Awasi Orang Masuk Di Penyeberangan Kumbe
Pengawasan lalu lintas orang di Penyeberangan Kumbe, Papua oleh aparat Kepolisian/RMOL Papua
Upaya pengawasan secara ketat di pintu masuk antarwilayah juga dilakukan oleh aparat Kepolisian di Papua, guna mencegah penyebaran kasus positif Covid-19 pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kapolsek Kurik, AKP Marlina Kaimu, beserta anggotanya dan instansi terkait melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap arus penumpang di Penyeberangan Kumbe. Minggu. (16/5).

Pelaksanaan pengawasan pada penyebrangan sungai Kumbe sudah dilaksanakan sejak dua hari sebelum (H-2) lebaran hingga empat hari setelah lebaran (H+4) oleh tim gabungan dari TNI AL, Polsek Kurik, Basarnas dan Dishub setempat.

AKP Marlina Kaimu mengatakan, dirinya berharap seluruh personel yang ada di pos pengawasan penyeberangan Kumbe bisa melaksanakan tugas secara profesional dan humanis.

“Saya harapkan kepada seluruh personil yang ada di Pos pengawasan Penyeberangan Kumbe agar melaksanakan tugas secara profesional dan humanis.” Jelas AKP Marlina dikutip melalui Kantor Berita RMOL Papua, Senin (17/5).

Dia menerangkan, pengawasan dimulai dari pukul 08.00 WIT sampai dengan pukul 15.30 WIT, termasuk di dalamnya pelaksanaan Patroli dan pengamanan di penyebrangan kampung kumbe.

Upaya ini, dijelaskan AKP Marlina, berguna untuk memberikan rasa aman kepada para pengendara motor yang hendak menyebrang menggunakan kapal motor atau perahu dari Kota ke Kurik atau sebaliknya.

Selain melakukan pengawasan, Anggota Polsek Kurik juga turut memberikan himbauan kamtibmas dan protokol kesehatan kepada para pengendara sepeda motor, serta mengajak agar sama-sama mencegah penularan Covid-19.

Adapun jika mengacu data Humas Polres Merauke, dijelaskan bahwa jumlah penumpang perahu yang menyeberang sungai Kumbe hingga H+4 sudah mulai berkurang.

Selain itu, daerah transmigrasi yang menjadi sasaran kunjungan warga dari Kota Merauke juga mengalami hal yang sama. Namun perlu diantisipasi adanya kerumunan warga sebagai pemicu penyebaran Covid-19.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA