Farah.ID
Farah.ID

Sungai Krueng Woyla Meluap, Belasan Desa Di Aceh Barat Terendam Banjir

LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 23:28 WIB
Sungai Krueng Woyla Meluap, Belasan Desa Di Aceh Barat Terendam Banjir
Rumah warga di Woyla, Aceh Barat, terendam banjir/Ist
Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Aceh Barat pada Sabtu (15/5), mengakibatkan air sungai Krueng Woyla timur meluap. Sejumlah pemukiman warga di beberapa kecamatan diterjang banjir.

"Sungai Krueng Woyla merupakan buangan air dari Sungaimas. Tinggi air mencapai lebih kurang 30 centimeter sampai dengan 1,30 meter," tutur Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Aceh, Ilyas, Sabtu (15/5), dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Ilyas mengatakan, banjir terjadi di kecamatan Woyla Timur dan Woyla Barat. Di Kecamatan Woyla timur, kata dia, hanya Desa Alue Kuyun digenangi banjir. Sedangkan di Woyla Barat terdapat 13 desa yang terendam.

Yaitu Desa Napai, Alue Leuhop, Blang Luah, Cot Rambong, Pasi Malee, Lhok Malee, Blang Cotmameh, Lubok Pasi Ara, Peuleukueng, Kulam Kaju, Cot Lagan, Blang Cot Rubek, dan Ulee Pasi Ara.

Ilyas menambahkan, korban banjir yang terdampak di kecamatan Woyla Timur, desa Alu Kuyun sebanyak 152 KK. Sedangkan kecamatan Woyla Barat, masih dalam pendataan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Sementara kondisi terakhir di kecamatan Woyla Timur di Desa Alue Kuyun sudah mulai surut dan warga sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kemudian, di beberapa desa lain di Woyla Timur juga mulai digenangi banjir adalah Desa Alu Seraleng, Desa Rambong Pinto, Desa Blang Luah.

Woyla Barat sudah mulai terendam banjir sejak Sabtu dinihari sekitar pukul 3.00 WIB. Ilyas menyebutkan untuk kebutuhan mendadak belum ada dan saat ini warga mengungsi ke tempat lebih tinggi atau musala.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA