Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Setelah Ancol, TMII Ditutup 2 Hari Akibat Pengunjung Membludak

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 21:53 WIB
Setelah Ancol, TMII Ditutup 2 Hari Akibat Pengunjung Membludak
Objek wisata Keoang Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta/Net
Pihak manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) resmi menutup objek wisata itu selama dua hari setelah membludaknya penunjung pada Sabtu (15/5). Penutupan ini pun sesuai dengan surat edaran Dinas Pariwisata DKI Jakarta yang dikeluarkan sore tadi.

"Iya berdasarkan surat edaran dari Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta mulai tanggal 16-17 seluruh tempat wisata tidak terkecuali TMII tutup," kata Direktur Operasional dan Pengembangan TMII, Maulana Cholid di Jakarta.

Ia mengungkapkan, pertimbangan penutupan tempat wisata di DKI Jakarta disebabka antusias masyarakat yang begitu tinggi untuk berkunjung menghabiskan masa libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Mungkin pertimbangannya karena melihat perkembangan di lapangan jumlah pengunjung yang sedemikian tinggi," ujarnya.

Menurutnya, selama libur lebaran TMII selalu dipadati pengunjung. Jumlah pengunjung tertinggi, lanjut dia, terjadi pada hari ini, Sabtu 15 Mei 2021 hingga membuat pengeola menerapkan buka tutup pintu masuk. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di dalam kawasan TMII.

Sebelumnya, kawasan wisata Ancol juga resmi ditutup usai penumpukan jumlah pengunjung. Langkah penutupan diambil oleh manajemen sekaligus untuk memperketat penegakan protokol kesehatan atau prokes.

Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, bahwa pihaknya menutup sementara kawasan rekreasi Ancol setelah melakukan evaluasi, pasca membludaknya pengunjung pada Jumat kemarin (14/5).

Sahir mengatakan, Ancol akan melakukan beberapa penguatan protokol kesehatan saat ditutup di antaranya penyemprotan disinfektan di seluruh area vital rekreasi (pantai, jalan, promenade, toilet, loket gerbang, tenant-tenant restoran dan unit-unit rekreasi di dalamnya seperti Dufan, SeaWorld Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, hingga Allianz Ecopark.

Kemudian, penambahan signage dan tali pembatas pelarangan berenang di area pantai. Penambahan tali pembatas untuk social distancing di area promenade.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA