Farah.ID
Farah.ID

Satu Solusi Entaskan Kemiskinan Di Masa Pandemi, Wapres Minta Orang Kaya Perbanyak Infaq dan Sodaqoh

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 02:21 WIB
Satu Solusi Entaskan Kemiskinan Di Masa Pandemi, Wapres Minta Orang Kaya Perbanyak Infaq dan Sodaqoh
Wakil Presdien (Wapres) Maruf Amin/Repro
Salah satu permasalahan yang masih menjadi PR besar pemerintah, yakni kemiskinan, akan selesai jika orang-orang kaya memperbanyak infaq dan sodaqoh.

Begitu intisari Wakil Presdien (Wapres) Maruf Amin dalam 'Tausiyah Ketua Dewan Pertimbangan MUI-Prof Dr KH Maruf Amin: Zakat, Infaq dan Sodaqoh' yang disiarkan di kanal Youtube Official_TVMUI yag dikutip Sabtu (15/5).

"Jadi tidak cukup bagi orang yang punya harta kelebihan, selain zakat, itu masih ada kewajiban lain yaitu infaq, sodaqoh," ujar Maruf Amin.

Mantan Rais Aam PBNU ini memaparkan, dalam Islam ada rukun Islam yang wajib dilaksanakan kaum muslimin. Yaitu, Syahadat, salat, puasa, zakat dan haji bagi yang mampu.

Namun selain zakat, Maruf Amin juga mengatakan bahwa ada hal lain yang membuat masyarakat tidak mampu bisa tertolong di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Yaitu, infaq dan sodaqoh yang menurutnya dalam harta orang-orang kaya terdapat hak mereka.

"Infaq itu sesuatu yang dianjurkan memberikan kepada orang lain, tapi bukan wajib. Tetapi bisa menjadi wajib bahkan ketika kemiskinan, banyak orang tidak makan," tuturnya.

Maka dari itu, Maruf Amin menegaskan bahwa para ulama berfatwa mengenai upaya mengentaskan kemiskinan melalui infaq dan sodaqoh. Di mana, para ulama mengatakan bahwa menghilangkan bahaya kemiskinan itu adalah fardhu kifayah.

"Artinya harus ada orang yang mengambil peran, di samping negara untuk menghilangkan bahaya kemiskinan itu," demikian Maruf Amin.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA