Farah.ID
Farah.ID

Momentum Idulfitri, Anies Baswedan Ajak Masyarakat Doakan Bangsa Palestina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 14 Mei 2021, 09:36 WIB
Momentum Idulfitri, Anies Baswedan Ajak Masyarakat Doakan Bangsa Palestina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Momentum Idulfitri digunakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengajak masyarakat Indonesia mendoakan bangsa Palestina yang tengah dilanda konflik.

"Ini adalah ajakan pada semua, mari kita doakan pada saudara kita di Palestina, diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," kata Anies pada Kamis (13/5), seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL Jakarta.

Anies menegaskan, sejak awal, bangsa Indonesia berkomitmen untuk mendukung perjuangan warga Palestina agar terbebas dari segala tindakan penjajahan yang saat ini mereka alami.

Bahkan, Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1962 menekankan bahwa Indonesia tidak akan pernah berhenti menentang penjajahan di atas dunia, termasuk di tanah Palestina.

"Ini pesan dari proklamator kita untuk bangsa Indonesia," ujarnya.

Secara pribadi, Anies juga mengapresiasi ketegasan yang ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam menyampaikan sikap atas isu Palestina.

Pada awal pekan ini, Senin (10/5), Jokowi telah mengutuk pengusiran paksa warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur oleh Israel.

"Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan. Indonesia mengutuk tindakan tersebut," tegas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel.

ARTIKEL LAINNYA