Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cross Internship Program, Cara Menparekraf Kembangkan Kualitas SDM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 10 Mei 2021, 14:43 WIB
<i>Cross Internship Program</i>, Cara Menparekraf Kembangkan Kualitas SDM
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno/Net
rmol news logo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng platform travel digital Tiket.com dalam kerjasama untuk mengembangkan kompetensi SDM melalui Cross Internship Program.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Cross Internship Program ini adalah program pertukaran pegawai yang memungkinkan pesertanya mempelajari secara langsung pengalaman serta budaya kerja dari masing-masing institusi.

"Program ini nantinya bisa menjadi model pengembangan kompetensi ASN yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kolaboratif, inovatif, dan adaptif," kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin (10/5).

Sandiaga menambahkan, Cross Internship Program bisa melibatkan pihak dari lintas intansi.

Berdasarkan pengalaman magang yang pernah dilakukannya, masing-masing institusi memiliki keunggulan yang berbeda. Dengan begitu, para peserta magang bisa mendapatkan pengalaman bagaimana meningkatkan kinerja di tiap-tiap institusi tempat mereka bekerja.

"ASN Kemenparekraf dapat belajar inovasi sebagaimana yang kerap dilakukan di dunia usaha seperti tiket.com. Sedangkan, pegawai tiket.com juga dapat belajar tentang pendekatan pemikiran secara holistik dan kedisiplinan terhadap institusi sebagaimana yang diterapkan di pemerintahan," paparnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini optimistis, program magang lintas institusi ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

"Kami optimistis kerjasama ini akan melahirkan SDM yang kompeten, sehingga dapat mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang akhirnya dapat melanjutkan agenda pembangunan ekonomi Indonesia yang lebih baik," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA