Farah.ID
Farah.ID

Kabar Duka, Mantan Ketum PGI Pendeta SAE Nababan Tutup Usia

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 08 Mei 2021, 19:16 WIB
Kabar Duka, Mantan Ketum PGI Pendeta SAE Nababan Tutup Usia
Pendeta Dr Soritua A.E. Nababan tutup usia/Istimewa
Kabar duka dari salah satu tokoh umat Kristiani. Pendeta Dr Soritua A.E. Nababan tutup usia pada Sabtu sore (8/5).

Berdasarkan informasi yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL, mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) ini wafat di Rumah Sakit Medistra, Jakarta sekitar pukul 16.18.

"Dengan rasa ikhlas dan bersyukur, kami antarkan Bapak SAE Nababan, ayah dari Hotasi Nababan bertemu Tuhan Yesus," demikian informasi duka yang diterima.

Pendeta Nababan, memang telah lama berkiprah untuk umat. Sebelum menjadi Ketum PGI, ia memulai kiprahnya sebagai Sekretaris Umum (Sekum) PGI pada tahun 1967-1984.

Lalu melalui sidang Raya ke-9 Dewan Gereja-gereja se-Dunia di Porto Alegre, Brasil pada tahun 2006, Nababan terpilih sebagai Presiden Gereja Dunia, sebuah lembaga yang beranggotakan gereja-gereja Protestan dan Ortodoks.

Dr. Soritua A.E. Nababan, adalah seorang pendeta dan tokoh gereja di Indonesia. Nababan dilahirkan pada 1933. Ia menempuh pendidikannya di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dan lulus pada 1956 dengan gelar Sarjana Theologia. Ia mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Heidelberg dan lulus dengan gelar Doktor Theologia pada 1963.

Pada 1987-1998 ia menjabat sebagai Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), sebuah gereja beraliran Lutheran di Indonesia.

Nababan banyak terlibat dalam organisasi gereja di tingkat dunia. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pemuda Dewan Gereja-gereja Asia di tahun 1963-1967 dan belakangan Presiden dari lembaga yang sama.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA