Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MUI Tantang Amerika Bersikap Atas Serangan Brutal Israel Ke Jamaah Masjidil Aqsha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 08 Mei 2021, 16:06 WIB
MUI Tantang Amerika Bersikap Atas Serangan Brutal Israel Ke Jamaah Masjidil Aqsha
Aparat keamanan Israel dan ekstrimis kanan Yahudi menyerang warga Palestina yang tengah beribadah di Masjidl Aqsha/Net
rmol news logo Amerika Serikat sebagai negara besar diminta untuk bersikap terhadap aksi kekerasan militer Israel dan ekstimis kanan Yahudi terhadap warga Palestina yang melaksanakan ibadah di Masjidil Aqsha.

"Di bawah kepeminpin Joe Biden, Amerika berpeluang besar untuk menekan Israel. Ini kesempatan Amerika," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/5).

Sudarnoto menegaskan peristiwa terhadap warga palestina yang melaksanakan ibadah di Masjidil Aqsha adalah tindakan biadab. Tak hanya itu, penyerangan tersebut membuktikan dengan kasat mata bahwa otoritas Isreal memang tidak akan pernah dapat menghentikan spirit imperialistiknya.

"Tindakan brutal dan pengecut ini tidak saja bertentangan dengan prinsip prinsip kemanusiaan yang harus dijaga kedaulatannya, akan tetapi sekaligus merendahkan agama. Al-Quds adalah tempat suci dan terhormat bagi tiga agama besar Islam, Kristen dan Yahudi. Itu artinya, tiga agana ini telah dihinakan oleh sikap militer Israel,'' kecamnya.

Selain meminta dan menantang Amerika bersikap, MUI juga ingin agar uni eropa melakukan langkah konstruktif

"Secara bersama-sama negara negara ini bisa melakukan tekanan internasional terhadap Israel melalui PBB. Jika diperlukan, Israel diberi sanksi internasional,'' kata Sudarnoto.

Kepada Organisasi Kerjasama Islam (OKI), MUI mengharapkan agar segera melakukan konsolidasi secara efektif guna menghentikan pertentagan dan membangun perdamaian sejati. Persatuan negara-negara anggota OKI sangat penting.

"Kepada pemerintah Indonesia, apresiasi disampaikan atas upaya-upaya kongkrit dalan membantu rakyat dan bangsa palestina selana ini. Upaya-upaya ini harus terus ditingkatkan sehingga benar-benar efektif menekan Israel. MUI dan umat Islam serta seluruh masyarakat yang mencintai agama, perdamaian dan kemanusiaan akan senantiasa membersamai perjuangan ini,'' demikian Sudarnoto.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA