Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kesawan City Walk Medan Hanya Berumur 37 Hari, Indikasi Kuat Dibikin Tanpa Kajian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 07 Mei 2021, 13:14 WIB
Kesawan City Walk Medan Hanya Berumur 37 Hari, Indikasi Kuat Dibikin Tanpa Kajian
Program Kesawan City Walk Medan hanya berumur pendek/Net
rmol news logo Penutupan pusat wisata kuliner di Kota Medan, Kesawan City Walk, oleh Pemerintah Kota Medan menuai keprihatinan kalangan masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebab, program yang digadang menjadi awal kebangkitan ekonomi di Kota Medan dengan pemberdayaan para pebisnis kuliner tersebut hanya berumur singkat.

Pengamat sosial, Shohibul Anshor Siregar mengatakan, umur Kesawan City Walk yang hanya sekitar 37 hari tersebut memunculkan indikasi jika program ini dijalankan tanpa kajian yang mendalam.

"Saya menduga itu sama sekali tak memiliki kajian (sosiologi, antropologi, dan ekonomi)," jelasnya kepada Kantor Berita RMOLSumut, Jumat (7/5).

Shohibul menambahkan, program yang oleh Walikota Medan Bobby Nasution diusung lewat tema 'The Kitchen of Asia' ini sesungguhnya tidak berbeda dengan apa yang dilakukan di lokasi ini saat Kota Medan dipimpin Abdillah lewat program yang disebut Kesawan Square.

Konsepnya sama, yakni menjadikan ruas jalan Ahmad Yani sebagai lokasi untuk menikmati ragam kuliner di Kota Medan.

Ironisnya, pertimbangan mengenai tutupnya Kesawan Square sepertinya tidak dikaji oleh Pemkot Medan di bawah kepemimpinan Bobby. Padahal jika dilihat dari kondisi masyarakat saat itu justru tidak ada pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Atas dasar inilah, lanjut Sohibul, alasan penutupan Kesawan City Walk seiring menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H menurutnya tidak masuk akal.

"Sambil mengurangi resistensi karena menantang Covid-19, sekaligus dimaksudkan untuk menjadi alasan penutupan karena bangkrut. Itu dugaan saya. Bukankah Abdillah juga gagal dan menutup seiring pembukaan Merdeka Walk? Pemkot Medan sepertinya masih tak mau mengakui kegagalan," paparnya.

Kesawan City Walk 'The Kitchen of Asia' dilaunching pada 28 Maret 2021. Operasionalnya sempat menuai kritikan karena memunculkan kerumunan warga sehingga dinilai melanggar protokol kesehatan.

Pada 5 Mei 2021, Kesawan City Walk resmi ditutup ditandai dengan munculnya surat edaran dari Dinas Pariwisata Kota Medan. Dalam surat tersebut para pedagang diminta tidak beroperasi lagi sejak tanggal itu. Namun tidak dijelaskan kapan Kesawan City Walk kembali beroperasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA