Farah.ID
Farah.ID

Dimulai Dari Papua Hingga Sumatera, NU CARE Salurkan Zakat Fitrah Dari Tokopedia Salam

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 05 Mei 2021, 19:25 WIB
Dimulai Dari Papua Hingga Sumatera, NU CARE Salurkan Zakat Fitrah Dari Tokopedia Salam
Mustahiq yang menerima penyaluran zakat fitrah dari NU CARE-LAZISNU yang dibayarkan muzakki Tokopedia Salam/Repro
Penyaluran zakat fitrah yang ditunaikan para muzakki (orang yang menunaikan atau membayar zakat firah) melalui aplikasi Tokopedia Salam mulai dilakukan NU CARE-LAZISNU lewat program #RamadhanBangkit.

PIC Program #RamadhanBangkit, Slamet Tuharie mengatakan, pihaknya memulai penyaluran dari wilayah paling timur Indonesia pada hari ini, Rabu (5/5).

Dia menyebutkan, daerah-daerah yang menjadi sasaran penyaluran zakat fitrah dari Tokopedia Salam ini antara lain Kabupaten Sorong (Papua Barat), Kabupaten Konawe (Sulawesi Tenggara), Kabupaten Badung (Bali), dan Kota Mataram, (Nusa Tenggara Barat).

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah mulai mendistribusikan zakat fitrah. Memang kita percepat, agar pendataannya juga baik dan diterima lebih cepat oleh para mustahiq (penerima zakat fitrah),” ujar Slamet Tuharie dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Setelah mengawali pendistribusian di empat daerah tersebut, minggu ini NU CARE-LAZISNU juga bakal mendistribusikan zakat fitrah dari muzakki di Tokopedia Salam ke mustahiq yang ada di beberapa daerah di wilayah barat Indonesia.

Di antaranya, Kepulauan Riau, Kabupaten Mukomuko (Bengkulu), Kabupaten Lampung Utara, Kota Metro, Kabupaten Pringsewu (Lampung), Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kota Bandung, dan Kabupaten Karawang (Jawa Barat).

Selain itu, Slamet Tuharie juga memastikan bahwa dana zakat fitrah dari Tokopedia Salam tahun ini akan didistribusikan di beberapa daerah Jawa lainnya, dan juga Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua.

“Bismillah, insyaallah kita akan distribusikan zakat fitrah kepada para mustahiq di seluruh penjuru nusantara,” pungkas Slamet Tuharie.

Menambahkan, Ketua NU CARE-LAZISNU Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Muhammad Agus memastikan pendistribusian zakat fitrah dari Tokopedia Salam untuk ratusan mustahiq di daerahnya sudah dijalankan dan sangat embantu warga yang membutuhkan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Pendistribusian zakat fitrah ini memang harusnya seperti ini, bisa menyasar ke berbagai daerah, agar tidak menumpuk di satu daerah saja, karena tingkat kemiskinannya juga berbeda-beda,” ungkap Muhammad Agus.

Sementara itu, Direktur NU CARE-LAZISNU Provinsi Nusa Tenggara Barat, Solihin mengucapkan terimakasih kepada Tokopedia Salam yang telah menjadikan NU CARE-LAZISNU sebagai mitra pengelolaan zakat fitrah, sehingga bisa sampai ke Pulau Lombok.

“Saya mewakili ratusan masyarakat penerima zakat fitrah di Kota Mataram menyampaikan terimakasih kepada pada muzakki yang sudah mempercayakan zakat fitrahnya kepada NU CARE-LAZISNU melalui Tokopedia Salam,” pungkas Solihin.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA