Farah.ID
Farah.ID

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Di Kota Bandung Sentuh Rp 40 Ribu Per Kilogram

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 04 Mei 2021, 16:55 WIB
Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Di Kota Bandung Sentuh Rp 40 Ribu Per Kilogram
Ilustrasi/Net
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mencatat harga komoditas daging ayam dan bawang merah di pasar tradisional mulai mengalami kenaikan jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa mengatakan, harga daging ayam saat ini menyentuh Rp 40 ribu per kilogram.

"Harga daging ayam sempat menurun di minggu kedua bulan Ramadan yaitu Rp 36 ribu. Tetapi saat ini kembali naik ke harga sebelumnya Rp 40 ribu. Untuk bawang merah ada kenaikan dari Rp 30 ribu, kini menjadi Rp 36 ribu," kata Meiwan di Taman Sejarah, Kota Bandung, Selasa (4/5).

Ditambahkan Meiwan, untuk harga daging ayam dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) terpantau sebesar Rp 35 ribu per kilogram. Sementara bawang merah Rp 32 ribu per kilogramnya.

Disdagin Kota Bandung kini tengah melakukan koordinasi bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membahas pengawasan dan monitoring di pusat perbelanjaan dan mal.

"Tentu kita lakukan evaluasi terhadap kerumunan yang terjadi di beberapa pusat perbelanjaan. Untuk sanksi masih dibahas. Berdasarkan aturan, ada sanksi teguran lisan hingga teguran tertulis," ucapnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Pada kesempatan sama, Kabid Distribusi dan Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Usep Awaludin mengatakan, ketersediaan bahan pokok relatif aman menjelang hari raya Idulfitri.

Menurutnya, Kota Bandung tidak akan mengalami kelangkaan bahan pokok. Sebab, sejumlah daerah telah memasuki masa panen dan penyaluran bahan pokok ke Kota Bandung berjalan dengan aman.

"Kota Bandung dipasok dari beberapa daerah seperti beras dari Garut, Tasik, Sumedang sampai Blitar. Untuk daging ayam dari Kabupaten Bandung, Tasik. Untuk cabai dari Garut, Kabupaten Bandung Barat," kata Usep.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA