Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangani Kerumunan Tanah Abang, Anies: Kita Ingin Perekonomian Berputar Dengan Tertib

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 03 Mei 2021, 01:51 WIB
Tangani Kerumunan Tanah Abang, Anies: Kita Ingin Perekonomian Berputar Dengan Tertib
Gubernur DKI Jakarta saat pimpin rapat bersama merespons kerumunan Pasar Tanah Abang/RMOLJakarta
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sampai turun tangan untuk melakukan penertiban. Langkah Anies itu imbas dari kerumunan massa di Pasar Tanah Abang yang terjadi dalam beberapa hari.

Anies bersama dengan TNI dan Polri melakukan pengendalian keramaian di Pasar Tanah Abang. Anies menegaskan, pihaknya akan melakukan pengetatan di semua pasar yang ada di Ibukota.

"Supaya potensi klaster baru Covid-19 bisa diminimalisir," tegas Anies, Minggu (2/5) seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJakarta.

Anies menjelaskan untuk melakukan pengendalian dan pengetatan ini, pihaknya mengerahkan 5.000 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, dan Satpol PP yang akan mengawasi pengunjung di Pasar Tanah Abang.

Pengendalian dan pengetatan ini, kata Anies, dilakukan agar roda perekonomian bisa berputar namun tetap dengan tertib sehingga tidak menimbulkan klaster Covid-19 di kemudian hari.

"Kita ingin perekonomian berputar di pasar dengan tertib," tandasnya.

Anies lantas menyampaikan imbauan kepada para pedagang dan masyarakat yang berkunjung.

Kepada para pedagang, Anies mengimbau mereka untuk berdagang di gedung yang sudah ditentukan.

Sementara bagi masyarakat yang akan berbelanja, diminta untuk mempertimbangkan pasar lain yang ada di Jakarta.

"Jangan memaksakan ke Tanah Abang jika sudah penuh, atau berbelanjalah di toko-toko daring yang pasti lebih aman," katanya.

Tak hanya pengawasan dan imbauan, Pemprov DKI juga sudah melakukan kerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terkait operasionalnya untuk mengendalikan potensi penyebaran Covid-19 di kawasan Tanah Abang.

Pihak KCI, lanjut Anies, akan melakukan penyesuaian jam operasi dengan mengevaluasi jam kedatangan dan kepulangan pengunjung pasar Tanah Abang.

Mulai Senin (3/5), akan ada perubahan jadwal KCI yang melintas di kawasan Tanah Abang, yaitu wacana aturan baru tidak ada pemberhentian kereta di Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00-19.00 WIB.

Sebagai gantinya, Pemprov DKI, kata Anies, akan menyediakan bis pengumpan TransJakarta untuk beroperasi dari Jalan Jatibaru, yang akan mengangkut penumpang ke stasiun terdekat lainnya.

"Ini ikhtiar kita bersama untuk mengurangi potensi kerumunan, mari gerakkan perekonomian di DKI Jakarta dengan cara yang aman untuk semua," pungkas Anies.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA