Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JaFest 2021, Ketua IKA Unpad Dorong Lebih Banyak Desa Wisata Nasional Di Jabar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 02 Mei 2021, 10:00 WIB
JaFest 2021, Ketua IKA Unpad Dorong Lebih Banyak Desa Wisata Nasional Di Jabar
Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan/Repro
rmol news logo Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Irawati Hermawan mendorong agar desa-desa wisata di Jawa Barat dapat menjadi desa wisata nasional.

Dalam Dialog Peradaban untuk Indonesia Maju yang menjadi bagian dalam rangkaian JaFest 2021 pada Minggu (2/5), Irawati menyebut Kabupaten Garut telah berhasil membuktikan upayanya sehingga menjadi desa wisata nasional oleh Kementerian Pariwisata.

"Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi desa wisata di Jawa Barat yang bisa menjadi anggota desa wisata nasional," tambah Irawati, yang kerap disapa Teh Ira.

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno sendiri mengatakan desa wisata diharapkan dapat menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian yang terpukul pandemi Covid-19.

Dialog peradaban digelar secara hybrid, di mana secara tatap muka berada di kereta khusus wisata Jakarta-Cirebon.

JaFest 2021 merupakan kolaborasi antara IKA Unpad, Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB), Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), dan Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB).

JaFest sendiri merupakan upaya untuk membantu memulihkan perekonomian melalui promosi maupun seminar pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, pariwisata, dan pelestarian budaya di Jabar.

"Diharapkan JaFest selama satu bulan ini dapat dijadikan semacam kick off untuk JaFest tahun depan," ujar Teh Ira.

"Mudah-mudahan tahun depan kita bisa mengadakan JaFest yang memang benar-benar bisa mempertemukan berbagai macam stakeholder, bisa mempertemukan berbagai macam potensi wisata, potensi UMKM dan parekraf. Kita akan memajukan berbagai potensi jawa barat, baik itu desa wisata, UMKM, budaya keraton," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA