Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bikin Gaduh Dan Resah Warga, Puluhan Meriam Spiritus Disita Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 30 April 2021, 13:00 WIB
Bikin Gaduh Dan Resah Warga, Puluhan Meriam Spiritus Disita Polisi
Sejumlah anak dinasihati untuk tidak lagi memainkan meriam spiritus/RMOLJateng
rmol news logo Warga Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah tengah resah. Penyebanya adalah suara permainan meriam berbahan spiritus yang dinyalakan anak-anak menjelang buka puasa dan setelah sahur.

Sebelum ada korban jiwa atas permainan yang berbahaya tersebut, Polres Sukoharjo melalui Polsek Mojolaban menindaklanjuti dengan melakukan razia. Aparat menyisir di beberapa lokasi, di antaranya di Dukuh Mertan Desa Wirun dan Dukuh Suren Desa Bekonang.

Hasilnya, puluhan meriam spiritus dengan pemantik magnet yang biasanya digunakan untuk pemantik korek api gas, disita dari tangan anak-anak saat memainkannya di pematang sawah. Oleh petugas, mereka diberi peringatan melalui orang tuanya.

Kapolsek Mojolaban, AKP Mulyanta mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas menerangkan, razia meriam spiritus merupakan instruksi langsung pimpinan untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan masyarakat selama Ramadan mulai selepas sahur dan sore hari menjelang buka puasa.

"Razia merupakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) dengan sasaran selain penjual petasan juga mengantisipasi  peredaran minuman beralkohol (minol). Selama Ramadan Sukoharjo targetnya zero petasan dan minol," ungkap AKP Mulyanta, Jumat (30/4).

Dalam razia tersebut, sedikitnya 9 anak-anak usia antara 7 hingga 12 tahun terjaring tengah memainkan meriam spiritus tersebut.  

"Kami tegas menyampaikan kepada para orang tua supaya mengawasi anak-anaknya. Mainan ini kan berbahaya, kalau ledakan yang dihasilkan sangat besar, bisa melukai tidak saja dirinya sendiri, tapi juga orang lain yang didekatnya," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Dari razia ini, petugas menyita 8 buah meriam spiritus terbuat dari kaleng bekas minuman susu kental manis yang dirangkai dengan disambung dengan panjang sekitar 1 meter, 2 buah botol kecil spirtus, dan 1 pemantik api. Seluruh barang bukti selanjutnya akan dimusnahkan.

Pada waktu yang sama, Polsek Gatak, Sukoharjo, juga melaporkan sudah mengamankan sejumlah meriam spiritus di wilayahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA