Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minim Kesadaran Masyarakat, Target Vaksinasi Lansia Di Kota Serang Baru Terealisasi 10 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 29 April 2021, 21:53 WIB
Minim Kesadaran Masyarakat, Target Vaksinasi Lansia Di Kota Serang Baru Terealisasi 10 Persen
Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal/RMOLBanten
rmol news logo Capaian progres vaksinasi tahap dua sasaran lansia masih sangat rendah, yakni hanya baru mencapai 10 persen.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal saat ditemui di Kantor Setda Kota Serang, Kamis (29/4).

"Sampai saat ini hanya mampu mencapai 10 persen atau sekitar 3.000 sasaran, dari target yang dicanangkan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) sebanyak 23.000 sasaran," ucapnya dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Iqbal menjelaskan, rendahnya capaian tersebut dikarenakan faktor kesadaran sasaran yang rendah terhadap pentingnya vaksinasi.

"Ditambah lagi vaksin untuk lansia ini kan multidos, satu botol untuk sembilan sasaran. Jika kurang dari sembilan, maka Pelayanan Kesehatan tidak bisa memberikan suntikan," katanya.

"Karena kalau dalam jangka waktu enam jam vaksin yang telah dibuka itu tidak digunakan, maka harus dibuang, tidak bisa dipakai lagi. Kan kalau seperti itu mubazir," terangnya.

Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) II Pemkot Serang Yudi Suryadi mengatakan, rendahnya capaian itu dinilai karena Dinkes Kota Serang selaku leading sektor, kurang aktif melakukan kordinasi dan komunikasi kepada stakeholder lainnya dalam proses vaksinasi ini.

"Sebagai leading sektor seharusnya Dinkes bisa mampu membagi tugas berat ini kepada jajaran dan stakeholder lainnya," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA