Farah.ID
Farah.ID

Banda Aceh Evakuasi ABK Kapal Tanker Di Selat Benggala

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 27 April 2021, 22:27 WIB
Banda Aceh Evakuasi ABK Kapal Tanker Di Selat Benggala
Basarnas Banda Aceh mengevakuasi medis seorang anak buah kapal (ABK) MT Hulda Mearsk berbendera Denmark/Ist
Basarnas Banda Aceh mengevakuasi medis seorang anak buah kapal (ABK) MT Hulda Mearsk berbendera Denmark. Kapal tanker tersebut berlayar dengan rute Port Klang Malaysia menuju Terusan Suez.

Alexander Melnik (31) mengalami gejala sakit parah di bagian perut bawah sebelah kanan. ABK kapal tanker itu dijemput dengan kapal Sea Rider di perairan Selat Benggala dekat Sabang, Pulau Weh. Evakuasi medis dilakukan dengan menggunakan alat pelindung diri.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono, mengatakan pada 26 April 2021 Basarnas Banda Aceh menerima informasi dari kapten kapal, Valery Basov tentang satu orang ABK yang sakit dan membutuhkan evakuasi medis.

"Basarnas Banda Aceh menerima info dari kapten kapal Valery Basov melalui email tentang satu orang crew Kapal MT Hulda Mearsk yang sakit dan membutuhkan evakuasi medis," kata Budiono dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Selasa (27/4).

Kemudian, kata Budiono pada pukul 7.20 WIB Tim Rescue Basarnas Banda Aceh beserta unsur lainnya bergerak menuju titik evakuasi dengan menggunakan 2 unit RIB.

Selanjutnya, pukul 9.53 WIB Tim Rescue tiba di titik evakuasi dan melakukan evakuasi korban serta membawa ke daratan untuk dilakukan pemeriksaan medis di rumah sakit.

"Pukul 10.45 WIB tim tiba di Dermaga Ulee Lheue dan selanjutnya korban dibawa ke RS Zainal Abidin untuk tindakan lebih lanjut," demikian Budiono.

ARTIKEL LAINNYA